DOKUMENTASI DAN KLASIFIKASI FOLKLOR DI NAGARI SIGUNTUR KABUPATEN DHARMASRAYA

Dandi Irawan, Dandi (2021) DOKUMENTASI DAN KLASIFIKASI FOLKLOR DI NAGARI SIGUNTUR KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Sastra Minangkabau.

[img] Text (skripsi dandi irawan 1710742003)
Skripsi DandiIrawan_1710742003_Dokumentasi dan Klasifikasi Folklor di Nagari Siguntur Kabupaten Dharmasraya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB-I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V Keseimpulan.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dandi Irawan 2021 “Dokumentasi dan Klasifikasi Folklor Di Nagari Siguntur Kabupaten Dharmasraya”. Jurusan Sastra Minangkabau Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, Pembimbing I: Eka Meigalia, S. Hum, M. Hum. Dan Pembimbing II: Muchlis Awwali, S.S., M.Si. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah minimnya pengetahuan dan rasa ingin tahu masyarakat tentang folklor yang ada di Nagari Siguntur. Padahal wilayah ini mempunyai perjalanan masa lalu yang sangat penting bagi Kabupaten Dharmasraya. Tujuan peneliti yakni mendokumentasikan folklor yang ada di kenagarian Siguntur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan folklor. Ada 3 tahap dalam penelitian Folklor yakni: pertama, tahap pra penelitian ditempat, kedua, penelitian ditempat yang sesungguhnya dan ketiga, cara pembuatan naskah Folkor bagi pengarsipan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan wawancara, pengujian data kebenaran wawancara, dan alat bantuan bagi daya pengamatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka ada tiga bagian folklor yang terdapat di kenagarian Siguntur. Data diklasifikasikan ke dalam 3 bagian folklor, yaitu: folklor lisan terdapat 12 data, folklor sebagian lisan terdapat 12 data, dan folklor bukan lisan terdapat 11 data. Kata kunci: dokumentasi, klasifikasi, Folklor, Padang Roco, Nagari Siguntur Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 06 Aug 2021 08:12
Last Modified: 06 Aug 2021 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79357

Actions (login required)

View Item View Item