Tindak Tutur Ilokusi pada Transaksi Jual Beli di Pasar Taluk Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan: Tinjauan Pragmatik

Kharisma, Syahidayanti (2021) Tindak Tutur Ilokusi pada Transaksi Jual Beli di Pasar Taluk Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan: Tinjauan Pragmatik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Kharisma Syahidayanti, 1710721009. “Tindak Tutur Ilokusi pada Transaksi Jual Beli di Pasar Taluk Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan: Tinjauan Pragmatik”. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya. Pembimbing I, Alex Darmawan, S.S., M.A. dan pembimbing II, Sonezza Ladyanna, S.S., M.A. Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah apa saja klasifikasi tindak tutur ilokusi pada transaksi jual beli di Pasar Taluk dan apa fungsi tuturan tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan klasifikasi dan fungsi tindak tutur ilokusi pada transaksi jual beli di Pasar Taluk. Metode dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dan teknik yang dikemukakan oleh Sudaryanto. Terdapat tiga tahapan dalam penelitian ini, yaitu (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Pada tahap penyediaan data, digunakan metode simak dengan teknik dasarnya ialah teknik sadap, teknik lanjutan ialah teknik simak bebas libat cakap (SBLC) yang disertai teknik rekam dan teknik catat. Pada tahap analisis data, digunakan metode padan translasional dan metode padan pragmatis dengan teknik dasar yaitu teknik pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutannya ialah teknik hubung banding membedakan (HBB). Selanjutnya, pada tahap penyajian hasil analisis data, digunakan metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data, klasifikasi tindak tutur ilokusi pada transaksi jual beli di Pasar Taluk Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yaitu 1) tindak tutur ilokusi asertif, 2) tindak tutur ilokusi direktif, 3) tindak tutur ilokusi komisif, 4) tindak tutur ilokusi ekspresif, dan 5) tindak tutur ilokusi deklaratif. Merujuk pada teori yang digunakan, terdapat beberapa temuan pada penelitian ini terkait dengan klasifikasi tindak tutur ilokusi pada transaksi jual beli di Pasar Taluk, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan. Temuan tersebut ialah 1) pada klasifikasi tindak tutur ilokusi asertif , ditemukan tuturan lain yang termasuk dalam kriteria tindak tutur ilokusi asertif, yaitu memberi tahu, 2) pada klasifikasi tindak tutur ilokusi direktif, ditemukan tuturan lain yang termasuk dalam kriteria tindak tutur ilokusi direktif, yaitu meminta, 3) pada klasifikasi tindak tutur ilokusi deklaratif, ditemukan tuturan lain yang termasuk dalam kriteriatindak tutur ilokusi deklaratif, yaitu menolak dan memutuskan. Selanjutnya, fungsi tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam transaksi jual beli di Pasar Taluk ialah 1) fungsi competitive, 2) fungsi convivial, 3) fungsi collaborative, dan 4) fungsi conflictive.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Alex Darmawan, S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, ilokusi, klasifikasi, fungsi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:02
Last Modified: 09 Aug 2021 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79337

Actions (login required)

View Item View Item