PENGARUH CAMPURAN PLASTIK JENIS POLYETHYLENE TEREPHTHALATE DAN LOW DENSITY POLYETHYLENE TERHADAP PERKERASAN AC-BC

Dinda, Almunawaroh (2021) PENGARUH CAMPURAN PLASTIK JENIS POLYETHYLENE TEREPHTHALATE DAN LOW DENSITY POLYETHYLENE TERHADAP PERKERASAN AC-BC. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang timbul terkait konstruksi jalan raya adalah kerusakan pada perkerasan jalan akibat cuaca yang ekstrim. Oleh karena itu, diperlukan material pengganti pada campuran aspal yang dapat mengurangi penggunaan aspal. Salah satu bahan pengganti dalam campuran aspal yang dapat digunakan yaitu plastik karena plastik memiliki sifat yang mirip dengan aspal yaitu termoplastik dan hidrofobik. Penggunaan plastik dalam campuran perkerasan jalan dapat mengurangi limbah plastik pada lingkungan. Jenis plastik yang digunakan sebagai bahan pengganti pada campuran aspal yaitu PET dan LDPE karena ketersediaan plastik tersebut sangat banyak. Pada penelitian ini campuran aspal dengan penambahan plastik dilakukan dengan dua cara yaitu cara kering dan cara basah, dan campuran tersebut akan diuji dengan alat marshall. Kadar plastik yang digunakan yaitu 50% PET dan 50% LDPE dengan variasi plastik 0%, 2%,4%,6%, dan 8%. Nilai stabilitas pada campuran aspal standar yaitu 1222,375 kg dan dengan penambahan variasi plastik menghasilkan nilai stabilitas pada cara kering yaitu 1152,062 Kg dan nilai stabilitas pad acara basah yaitu 1002,581 Kg. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan penambahan plastik terhadap campuran aspal AC-BC membuat nilai stabilitas semakin menurun dan akan berpengaruh terhadap ketahanan untuk menahan beban lalu lintas.. Penambahan plastik pada campuran dapat mengurangi volume aspal di dalam campuran aspal. Dengan menggunakan cara kering, didapatkan KPO yaitu 1,00 % dan menggunakan cara basah didapatkan KPO yaitu 1,40 %.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Elsa Eka Putri, S.T., M.Sc(Eng), Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Asphalt Concrete-Binder Course, Plastik PET dan LDPE, Marshall Test
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:30
Last Modified: 09 Sep 2021 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79321

Actions (login required)

View Item View Item