Nagari Sungai Asam dan Nagari Lubuk Pandan: Dua Nagari Hasil Pemekaran Nagari Pakan Baru di Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman 2003-2013

Muhammad, Salman Alfarizi (2021) Nagari Sungai Asam dan Nagari Lubuk Pandan: Dua Nagari Hasil Pemekaran Nagari Pakan Baru di Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman 2003-2013. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER WATERMARK FIX.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI UTUH + TURNITIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Nagari Sungai Asam dan Nagari Lubuk Pandan: Dua Nagari Hasil Pemekaran Nagari Pakan Baru di Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman 2003-2013”. Skripsi ini mendeskripsikan tentang sebab, proses dan akibat pemekaran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahap, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, historiografi. Sumber sejarah didapatkan melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan melakukan wawancara dengan Walinagari Sungai Asam, walinagari Lubuk Pandan, tokoh adat dan tokoh masyarakat di Nagari Lubuk Pandan dan Nagari Sungai Asam dengan metode sejarah lisan. Sumber primer tertulis yaitu Arsip nagari, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Dalam Angka Proses pemekaran Nagari Pakan Baru didukung oleh tokoh masyarakat. Dampak dari pemekaran Nagari Lubuk Pandan dan Sungai Asam di antaranya yaitu sektor pembangunan yang cukup merata. Tokoh masyarakat dapat menyampaikan aspirasi terhadap pemerintah nagari dalam menjalankan roda pemerintahan. Selain itu, terdapat efektivitas dalam pembagian bantuan terhadap masyarakat di nagari masing-masing. Pemekaran itu juga didukung oleh keberadaan dua KAN sejak berdirinya Nagari Pakan Baru tahun 1955. Kerapatan Adat di Nagari Pakan Baru yaitu Kerapatan Adat Nagari Sungai Asam dan Kerapatan Adat Nagari Lubuk Pandan. Pemekaran Nagari Pakan Baru terjadi karena sebelumnya sudah ada dua KAN yaitu Kerapatan Adat Nagari Sungai Asam dan Kerapatan Adat Nagari Lubuk Pandan. Ada dua masajik nan bapucuak, yaitu Masjid Raya Sungai Asam dan Masjid Raya Lubuk Pandan. Oleh karena itu pemekaran dapat berlangsung dengan baik dan menjadi contoh bagi pemekaran nagari di Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zulqaiyyim, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Nagari, KAN, Pemerintah Nagari
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:45
Last Modified: 06 Aug 2021 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79320

Actions (login required)

View Item View Item