PELAKSANAAN REFORMA AGRARIA MELALUI REDISTRIBUSI TANAH BEKAS HAK GUNA USAHA PT.SOSRO BAHU DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Nur, Dwi Lidiana (2021) PELAKSANAAN REFORMA AGRARIA MELALUI REDISTRIBUSI TANAH BEKAS HAK GUNA USAHA PT.SOSRO BAHU DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab iv)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[img] Text (full tesis)
NUR DWI LIDIANA-FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Reforma agraria atau land reform merupakan suatu perubahan besar dalam struktur agraria, yang membawa peningkatan akses petani pada lahan, serta kepastian penguasaan (tenure) bagi mereka yang menggarap lahan, termasuk juga akses pada input pertanian, pasar, serta jasa-jasa dan kebutuhan pendampingan lainnya. Dasar hukum dari pelaksanaan Reforma Agraria adalah Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria. Salah satu program yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah Redistibusi tanah yang merupakan bagian dari Penataan Aset. Tanah yang diredistribusikan dalam penelitian ini adalah tanah bekas HGU PT.Sosro Bahu di Kabupaten Lima Puluh Kota, dimana dalam pelaksanaannya masih mengalami beberapa kendala, untuk sertipikat hasil redistribusi tanah banyak dari masyarakat yang melakukan balik nama melalui PPAT meskipun itu telah dilarang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang menyebakan tujuan dari redsitribusi tanah ini tidak dapat tercapai. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) Bagimana pelaksanaan redistribusi tanah di Kabupaten Lima Puluh Kota. (2) Bagaimana pendaftaran tanah dalam pelaksanaan redistribusi tora di Kabupaten Lima Puluh Kota Bagaimana upaya pencegahan peralihan hak atas tanah redistribusi sebelum waktunya. (3) Bagaimana upaya pencegahan peralihan hak atas tanah redistribusi sebelum waktunya.Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 (dua), yakni data primer yang berupa wawancara dan observasi di lapangan sedangkan data sekunder berupa studi dokumen. Untuk analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan redistribusi tanah di Kabupaten Lima Puluh Kota dilakukan dengan berpedoman pada Petunjuk Teknis Kegiatan Landreform Tahun 2020 dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan reforma agraria dan redistribusi tanah; (2) Proses pendaftaran tanah redistribusi dilakukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah dan di input melalui aplikasi KKP-Redistribusi Tanah; (3)Upaya pencegahan yang peralihan hak yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional adalah dengan adanya acces reform atau yang lebih dikenal dengan pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Kurnia Warman, S.H.,M.Kn
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pelaksanaan, Reforma Agraria, Redistribusi Tanah, Tanah Negara Bekas HGU, dan Pendaftaran Tanah.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:19
Last Modified: 09 Aug 2021 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79206

Actions (login required)

View Item View Item