Pengaruh Lama Biodelignifikasi Pelepah Nipah (Nypa fruiticans) dengan Menggunakan Effective Microorganism 4 (EM-4) Terhadap Persentase Degradasi Komponen Lignoselulosa

Nur, Fadilah Hariyani (2021) Pengaruh Lama Biodelignifikasi Pelepah Nipah (Nypa fruiticans) dengan Menggunakan Effective Microorganism 4 (EM-4) Terhadap Persentase Degradasi Komponen Lignoselulosa. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK watermark.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V SARAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI NEW watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelepah nipah merupakan salah satu sumber lignoselulosa yang memiliki potensi sebagai bahan baku bioetanol, pulp kertas, pakan ternak dan papan partikel. Pelepah nipah mengandung selulosa yang tinggi namun belum dimanfaat secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama waktu biodelignifikasi pelepah nipah dengan menggunakan EM-4 terhadap persentase degradasi komponen lignoselulosa pelepah nipah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan (lama waktu biodelignifikasi 4, 6, 8, 10 dan 12 hari. Penelitian ini menggunakan 3 ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan ANOVA , jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf 5%. Parameter yang telah dianalisa meliputi kadar air, kadar abu, kadar lignin, kadar selulosa, kadar hemiselulosa dan angka lempeng total. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh nyata terhadap kadar air, kadar abu dan kadar lignin. Namun, tidak berpengaruh nyata pada kadar hemiselulosa dan selulosa. Perlakuan yang paling efektif dalam mendegradasi lignin adalah perlakuan B inkubasi 6 hari yang mendegradasi lignin sebesar 43,05%. Analisa angka lempeng total menunjukkan bahwa selama waktu biodelignifikasi terjadi peningkatan jumlah mikroba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:16
Last Modified: 05 Aug 2021 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79123

Actions (login required)

View Item View Item