Persepsi Pengunjung Terhadap Pengelolaan Pariwisata Pantai Purus ( Studi kasus : Pantai Purus, Kecamatan Padang Barat Kota Padang )

Triasputri, Kirana (2021) Persepsi Pengunjung Terhadap Pengelolaan Pariwisata Pantai Purus ( Studi kasus : Pantai Purus, Kecamatan Padang Barat Kota Padang ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dahulu citra negatif sangat melekat dengan Pantai Purus, namun dalam beberapa tahun terakhir, Pantai Purus dapat diubah menjadi salah satu wisata keluarga andalan kota Padang. Hal ini sejalan dengan misi Walikota Padang, yaitu menjadikan Pantai Purus sebagai objek wisata keluarga. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah keberhasilan pengelola Pantai Purus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi pengelolaan pariwisata Pantai Purus dan bagaimana persepsi pengunjung terhadap pengelolaan Pantai Purus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pemilihan informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Alasan pemilihan lokasi yaitu karena kawasan Pantai Purus menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kota Padang. Pantai ini sangat strategis karena berada di pusat kota, hal ini terlihat dari ramainya pengunjung yang sengaja datang dan memadati Pantai Purus. Informan yang berhasil diwawancarai ialah Pengunjung dan Dinas Pariwisata Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan sejak beberapa tahun terakhir objek wisata Pantai Purus mulai diminati oleh wisatawan keluarga. Hal ini terjadi karena pengunjung merasa Pantai Purus sudah menjadi lebih menarik untuk sarana rekreasi keluarga. Citra negatif yang melekat dengan Pantai Purus perlahan sudah mulai hilang. Sarana dan prasarana yang sudah memadai membuat penunjung menjadi lebih nyaman untuk datang ke pantai ini. Dengan perubahan yang terjadi di Pantai Purus, kini Pantai Purus sudah menjadi objek wisata keluarga Kota Padang. Sekarang pengunjung datang ke Pantai Purus untuk refreshing sambil melihat keindahan alam Pantai Purus. Walaupun pada awalnya terjadi pro dan kontra namun kini kepengelolaan Pantai Purus sudah menjadi lebih baik. Meningkatnya kunjungan pengunjung disebabkan oleh tata kelola wisata, dengan pelibatan stakeholder terutama para pedagang dalam menjaga kebersihan dan keamanan. Penataan kawasan oleh pemerintah Kota Padang telah merubah wajah kawasan wisata menjadi lebih tertata rapi dan harga makanan sudah standar sehingga ini membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dan senang jika datang ke Pantai Purus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erwin, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:23
Last Modified: 05 Aug 2021 06:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79120

Actions (login required)

View Item View Item