EFEK PELAPiSAN KOLAGEN PADA MATERIAL TITANIUM PADUAN JENIS TNTZ TERHADAP EKSPRESI GEN BMP2, RUNX2, dan IBSP PADA PROSES OSTEOGENESIS SEL Wharton Jelly-Mesenchymal Stem Cells (WJ-MSCs)

Hidayatul, Fajri MS (2021) EFEK PELAPiSAN KOLAGEN PADA MATERIAL TITANIUM PADUAN JENIS TNTZ TERHADAP EKSPRESI GEN BMP2, RUNX2, dan IBSP PADA PROSES OSTEOGENESIS SEL Wharton Jelly-Mesenchymal Stem Cells (WJ-MSCs). Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN UPLOAD.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
KESIMPULAN DAN SARAN UPLOAD.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA UPLOAD.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK UPLOAD new.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img] Text (Disertasi Full Text)
DISERTASI UTUH UPLOAD new.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Titanium paduan jenis TNTZ (Ti29Nb13Ta4.6Zr) merupakan salah satu paduan titanium tipe β yang memiliki sifat mekanis dan biologis yang bagus untuk digunakan terutama dalam bidang ortopedi baik untuk pemakaian temporal maupun permanen. TNTZ merupakan material logam yang bersifat inert sehingga perlu diberi perlakuan agar bersifat bioaktif yang menginisiasi adhesi, proliferasi, diferensiasi dan maturasi sel agar proses regenerasi dan penyembuhan berlangsung lebih cepat. Pelapisan permukaan TNTZ dengan kolagen yang merupakan salah satu komponen matriks ekstraselular tulang adalah salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan biokompatibilitas dan bioaktif TNTZ. Pelapisan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan diferensiasi sel melalui pengaktivasian jalur persinyalan osteogenesis sel dan mineralisasinya sehingga regenerasi dan penyembuhan menjadi lebih cepat. Material TNTZ yang diuji berbentuk disk dan pelapisan dengan metode perendaman dalam larutan kolagen agar terjadi adsorpsi kolagen kepermukaan disk. Karakterisasi permukaan yang sudah terlapisi diamati dengan mikroskop optik dan SEM (Scanning Electron Microscope). Pengujian respon biologis dilakukan secara in vitro menggunakan sel WJ-MSC dengan mengamati ekspresi gen BMP2, RUNX2, dan IBSP yang terlibat dalam jalur persinyalan osteogenesis dengan metoda RT-PCR dan persentase pembentukan nodul kalsifikasi (osteosit) sebagai tanda terjadinya mineralisasi pada sel melalui pewarnaan Alizarin dihitung dengan Image Analyzing. Pengamatan dilakukan pada hari ke-1, 3, 7 dan 10 untuk pengukuran ekspresi marker BMP2, RUNX2, dan IBSP dan hari ke 3, 7, 10, 14, dan 21 untuk pengukuran persentasi nodul kalsifikasi (osteosit) terbentuk. Berdasarkan hasil analisis statistik ditemukan bahwa pelapisan kolagen dapat meningkatkan persentase pembentukan nodul kalsifikasi pada sel WJ-MSC dengan nilai p= 0,0001 (p<0,05) yakni sebesar 96,9%. Analisis statistik terhadap marker osteogenik juga menunjukkan bahwa pelapisan kolagen menunjukkan adanya perbedaan bermakna untuk kadar ekspresi gen BMP2 (p= 0,000/ p<0,05), tidak bermakna (lemah terekspresi) untuk gen RUNX2 (p= 0,32/ p>0,05), dan tidak bermakna (lemah terekspresi) untuk gen IBSP (p= 0,464/ p>0,05) antara kelompok kontrol, kelompok TNTZ tanpa pelapisan, dan TNTZ dilapisi kolagen. Uji Regresi untuk melihat pengaruh ekspresi marker BMP2, RUNX2, dan IBSP terhadap nilai pembentukan osteosit menunjukkan bahwa BMP2 berpengaruh kuat terhadap nilai pembentukan osteosit sebesar 53,4% sedangkan RUNX2 dan IBSP berpengaruh lemah terhadap nilai pembentukan osteosit yaitu sebesar 31,6% dan 25,5%. Dapat disimpulkan bahwa pelapisan kolagen berpengaruh terhadap proses osteogenesis dan mineralisasi sel WJ-MSC. Kata kunci: TNTZ, lapisan Kolagen, sel WJ-MSC, ekspresi gen, osteogenesis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:25
Last Modified: 04 Aug 2021 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78999

Actions (login required)

View Item View Item