ANALISIS ALASAN MELANESIAN SPEARHEAD GROUP MENOLAK PERMOHONAN UNITED LIBERATION MOVEMENT FOR WEST PAPUA UNTUK MENJADI ANGGOTA PENUH

Nurul, Rahmi (2021) ANALISIS ALASAN MELANESIAN SPEARHEAD GROUP MENOLAK PERMOHONAN UNITED LIBERATION MOVEMENT FOR WEST PAPUA UNTUK MENJADI ANGGOTA PENUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.docx.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.docx.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan)
3. BAB V Kesimpulan.docx.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.docx.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Full Draft 3 Agustus.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2013 dan 2015, sebuah organisasi gerakan kemerdekaan Papua Barat dari Indonesia mengajukan permohonan keanggotaan kepada Melanesian Spearhead Group. Kendati menunjukkan dukungan kuat dan pendiriannya dalam solidaritas masyarakat Melanesia terhadap Papua Barat, Melanesian Spearhead Group menolak kedua permohonan tersebut. Sementara di sisi lain, FLNKS, sebuah aliansi partai pro-kemerdekaan dari Kaledonia Baru yang dianggap memiliki kasus serupa dengan UMMWP, merupakan anggota penuh dalam MSG. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang melatarbelakangi keputusan Melanesian Spearhead Group menolak permohonan keanggotaan yang diajukan oleh United Liberation Movement for West Papua berdasarkan proses pembuatan kebijakan dalam organisasinya. Penelitian ini menggunakan teori institusionalisme rasional sebagai alat analisis. Teori institusionalisme rasional menjelaskan tiga faktor utama dalam proses pembuatan kebijakan yang mempengaruhi hasil keputusan bersama maupun kebijakan yang diambil oleh sebuah institusi internasional. Penelitian ini berusaha menemukan faktor-faktor yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keputusan MSG menolak permohonan ULMWP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haiyyu Darman Moenir S.IP, M.SI
Uncontrolled Keywords: United Liberation Movement for West Papua, Melanesian Spearhead Group, Papua Barat, Rational Institutionalism, Pembuatan kebijakan dalam Organisasi Internasional.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 04 Aug 2021 02:16
Last Modified: 04 Aug 2021 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78985

Actions (login required)

View Item View Item