Analisis Naratif Aspek-Aspek Human Security Bagi Pengungsi di Lebanon dalam Film Capernaum

Rosydah, Rosydah (2021) Analisis Naratif Aspek-Aspek Human Security Bagi Pengungsi di Lebanon dalam Film Capernaum. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I (Pendahuluan)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB Akhir-dikonversi.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi-full-draft-Rosydah-_1510851003_-fiks-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam studi ilmu hubungan internasional, film bisa dijadikan sebagai sarana/objek penelitian yang berfungsi untuk merepresentasikan fenomena-fenomena global. Film memiliki kontribusi yang penting sebagai wacana publik, di mana makna dan peristiwa-peristiwa dalam film akan menjadi analisis baru bagi orang-orang yang melihatnya. Belum adanya penggambaran yang tepat terkait potret kehidupan para pengungsi di Lebanon yang sesungguhnya membuat film layak untuk dijadikan sebagai sarana atau objek untuk menganalisis human security para pengungsi di Lebanon. Film Capernaum merupakan sebuah film yang menggambarkan kehidupan pengungsi di Lebanon di mana film tersebut masuk dalam nominasi Piala Oscar 2019, yaitu nominasi Best Motion Picture dalam kategori Foreign Language. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek human security bagi pengungsi di Lebanon yang dinarasikan dalam film Capernaum. Penelitian ini menggunakan konsep human security yang kemudian mengadopsi tujuh komponen aspek human security yang dikeluarkan oleh United Nations Development Programe (UNDP) sebagai pedoman dalam menentukan apakah aspek keamanan pengungsi telah terjamin atau tidak.Kemudian, teori yang digunakan untuk menganalisis film adalah teori semiotika dalam film menurut Ferdinand Saussure. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naratif dan memanfaatkan data primer dan data sekunder. Berdasarkan aspek-aspek human security menurut UNDP yang dianalisis dalam film Capernaum, penelitian ini menemukan bahwa aspek ekonomi dan aspek personal merupakan aspek yang paling menonjol dan paling tidak terjamin bagi pengungsi di Lebanon.Hal ini juga sejalan dengan realita yang terjadi di Lebanon, di mana kedua aspek human security tersebut merupakan aspek yang paling rentan bagi pengungsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Anita Afriani Sinulingga, S.IP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Lebanon, Pengungsi, Human Security, Teori Semiotika Ferdinand Saussure, aspek keamanan ekonomi dan aspek keamanan personal, Film Capernaum
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 04 Aug 2021 02:17
Last Modified: 04 Aug 2021 02:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78958

Actions (login required)

View Item View Item