PENGARUH LEVEL PEMBERIAN TEPUNG KULIT BAWANG PUTIH (Allium sativum) SEBAGAI PENGGANTI ANTIBIOTIC GROWTH PROMOTORE (AGP) TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMEN AYAM BROILER

Tiara, Indah Suci (2021) PENGARUH LEVEL PEMBERIAN TEPUNG KULIT BAWANG PUTIH (Allium sativum) SEBAGAI PENGGANTI ANTIBIOTIC GROWTH PROMOTORE (AGP) TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMEN AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
PENGARUH LEVEL PEMBERIAN TEPUNG KULIT BAWANG PUTIH.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh level pemberian tepung kulit bawang putih sebagai pengganti antibiotic growth promoter terhadap bobot hidup, persentase karkas dan persentase lemak abdomen ayam broiler. Penelitian ini menggunkana 100 ekor DOC broiler strain Arbor Acres (AA) CP-707 sampai dengan 5 minggu pemeliharaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan berupa penambahan tepung kulit bawang putih pada pakan basal dengan level yang berbeda ( masing-masing 0%, 0,25%, 0,5%, 0.75% dan 1%). Parameter yang diamati adalah bobot hidup (g/ekor), persentase karkas (%) dan persentase lemak abdomen (%). Hasil ragam menunjukan bahwa perlakuan memberikan pengaruh tidak nyata (p>0,05) terhadap bobot hidup dan persentase karkas ayam broiler tetapi berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap pesentase lemak abdomen ayam broiler. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tepung kulit bawang putih pada level 1 % dapat diterima dengan baik dan tidak berefek negatif pada ayam broiler sehingga dapat digunakan sebagai feed additive alami pengganti Zinc Bacitrasin. Kata Kunci: antibiotic growth promoter, Bobot Hidup, Persentase Karkas, Persentase Lemak Abdomen dan Tepung Kulit Bawang Putih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Montesqrit,S.Pt,M.Si
Uncontrolled Keywords: antibiotic growth promoter, Bobot Hidup, Persentase Karkas, Persentase Lemak Abdomen dan Tepung Kulit Bawang Putih.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 03 Aug 2021 07:22
Last Modified: 03 Aug 2021 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78820

Actions (login required)

View Item View Item