AN ERROR ANALYSIS OF SUBJECT-VERB AGREEMENT IN PASSIVE VOICE AND SIMPLE PRESENT MADE BY ELEVENTH GRADERS AT SMAN1 SAROLANGUN

MUHAMMAD, IQBAL (2014) AN ERROR ANALYSIS OF SUBJECT-VERB AGREEMENT IN PASSIVE VOICE AND SIMPLE PRESENT MADE BY ELEVENTH GRADERS AT SMAN1 SAROLANGUN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201404271935th_an errror analysis of subject-verb agreement in passive voice and simple present made by eleventh graders at sman1 sarolangun.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang analisa kesilapan siswa kelas XI IPA 3 SMAN Sarolangun dalam penulisan kecocokan antara subjek dan kata kerja dalam sebuah kalimat (subject-verb agreement) dalam passive voice di bahasa inggris. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan data bersumber dari 6 orang partisipan yang merupakan siswa kelas XI IPA 3. Selanjutnya penulis melakukan analisis data secara deskriptif. Penulis melakukan observasi dan pengumpulan data sebanyak tujuh kali pertemuan dalam waktu empat minggu. Untuk pengambilan data, penulis melakukan teknik catat (note taking technique) dalam setiap pertemuan, dan mengumpulkan ujian mid semester mereka. Penulis dalam hal menganalisis kesilapan dalam penulisan kecocokan antara subjek dan kata kerja menggunakan teori Carol king dan Nancy Stanley yakni Rules for subject-verb agreement dan teori passive voice oleh. Sedangkan untuk menganilasa penyebabpenyebab kesilapan tersebut penulis menggunakan teori lima hipotesis (five hypotheses) dalam pemerolehan bahasa kedua oleh Stephen D Krashen (2002) dan lima proses dalam bahasa kedua (five process in interlanguage) oleh Jack Richard (1974). Dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa terjadi banyak kesilapan (error) yang dilakukan oleh siswa dalam penulisan kecocokan subjek dan kata kerja dalam sebuah kalimat terutama untuk subjek jamak seperti clothes, snakes dan some. Penyebabnya adalah pertama adanya Negatif Language transfer oleh bahasa pertama siswa itu sendiri yang tidak menggunakan kecocokan subjek dan kata kerja dan kedua adalah tidak menguasainya siswa tersebut akan pola-pola bahasa inggris itu sendiri. Kata kunci : error, subject-verb agreement, passive voice

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 25 May 2016 09:49
Last Modified: 25 May 2016 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7876

Actions (login required)

View Item View Item