Penjernihan Air Gambut dengan Kalsium Pirofosfat yang disintesis dari Carbon Negative Precipitated Calcium Carbonate (PCC) dengan Metode Sol-Gel

Arriesta, Evelin (2021) Penjernihan Air Gambut dengan Kalsium Pirofosfat yang disintesis dari Carbon Negative Precipitated Calcium Carbonate (PCC) dengan Metode Sol-Gel. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover + Abstract).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
Text (BAB I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
Text (BAB V Penutup).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Skripsi FullText)
Text (Skripsi FullText).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Air gambut merupakan air permukaan yang berpotensi sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan masyarakat. Pada penelitian ini dilakukan penjernihan air gambut dengan metode adsorpsi menggunakan adsorben kalsium pirofosfat yang disintesis dari carbon negative Precipitated Calcium Carbonate (PCC) dengan metode sol-gel. Kalsium pirofosfat merupakan biomaterial yang bersifat bioaktif dan tidak beracun. Penentuan kristalinitas dan fase yang terbentuk dikarakterisasi menggunakan X-Ray Difraction (XRD), nilai rasio Ca/P dikarakterisasi dengan X-Ray Fluorescence (XRF), gugus fungsi adsorben dianalisis dengan Fourier Transform Infrared (FTIR) dan morfologi kalsium pirofosfat dikarakterisasi menggunakan Scanning Electron Microscopy - Energy Dispersive Spectroscopy (SEM-EDS). Kalsium pirofosfat (CPP) yang didapatkan dominan terbentuk pada pada pH 10 dengan ukuran kristal 53,222 nm. Nilai rasio Ca/P yang didapatkan hasil XRF yaitu 2,07. Spektrum FTIR menunjukkan adanya gugus fungsi PO43- pada bilangan gelombang 494,75 cm-1, 565,15 cm-1 dan 726,21 cm-1. Hasil SEM menunjukkan bahwa morfologi kalsium pirofosfat yang disintesis yaitu berpori dan kasar. Kondisi optimum yang didapatkan untuk penjernihan air gambut 10 mL dengan adsorben kalsium pirofosfat yaitu pada waktu kontak 1 jam dengan massa adsorben 1 gram dan pH 2 untuk air gambut yang dijernihkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Matlal Fajri Alif
Uncontrolled Keywords: Air gambut, Carbon negative PCC, Metode Sol-Gel, Kalsium pirofosfat
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 02 Aug 2021 07:34
Last Modified: 02 Aug 2021 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78700

Actions (login required)

View Item View Item