Hubungan Pengetahuan dan Persepsi Perawat dengan Keterampilan Triase pada Perawat di Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M. Djamil Padang

Yola, Fitria (2021) Hubungan Pengetahuan dan Persepsi Perawat dengan Keterampilan Triase pada Perawat di Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya jumlah pasien yang berkunjung ke IGD membutuhkan sistem triase. Pelaksanaan triase memerlukan keterampilan yang dimiliki oleh perawat yang berpengetahuan baik dan persepsi positif mengenai triase. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan persepsi perawat dengan keterampilan triase pada perawat di Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dengan kriteria perawat IGD yang bekerja di area triase dengan jumlah responden sebanyak 34 perawat. Pengambilan data menggunakan instrumen yaitu kuesioner pengetahuan, persepsi, dan TSQ (Triage Skill Questionnaire). Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pengetahuan perawat berada pada kategori cukup yaitu sebanyak 41.2%, persepsi perawat dikategorikan positif sebanyak 58,8%, dan keterampilan triase perawat berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 85,3%. Terdapat hubungan pengetahuan dengan keterampilan triase pada perawat dengan p value 0,015 dan tidak ada hubungan persepsi perawat dengan keterampilan triase dengan p value 0,063. Pengetahuan yang baik bagi perawat dapat membantu dalam melaksanakan tindakan triase dengan baik sehingga memotivasi perawat dapat mengkategorikan pasien dengan benar berdasarkan tingkat kegawatdaruratannya. Pelatihan, seminar, ataupun long life learning mengenai triase akan dapat membantu perawat dalam meningkatkan keterampilan triase di Instalasi Gawat Darurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp, MN
Uncontrolled Keywords: keterampilan, pengetahuan, persepsi, triase
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:12
Last Modified: 02 Aug 2021 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78639

Actions (login required)

View Item View Item