PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PENANGANAN DIARE PADA BALITA DI RUMAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG 2021

Visca Dwi, Febriati (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PENANGANAN DIARE PADA BALITA DI RUMAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
VISCA DWI FEBRIATI_1711312026_JULI2021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diare merupakan penyebab kematian terbesar kedua pada balita di dunia setelah penyakit pneumonia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu yang memiliki balita tentang penanganan diare di rumah. Penelitian ini berlangsung dari Maret - Juni 2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest - Posttest. Tenik pengambilan sampel menggunakan Proposional Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji Marginal Homogeneity. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap responden setelah dilakukan pendidikan kesehatan yakni sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebanyak 8 responden (13%) pengetahuan kurang, 40 responden (66%) pengetahuan baik, setelah pendidikan kesehatan 60 responden (100%) pengetahuan baik. Sikap responden pada penelitian ini sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebanyak 28 responden (46%) sikap negatif dan setelah 32 responden (53%) sikap positif dan setelah diberikan pendidikan kesehatan 60 responden (100%) sikap positif. Hasil uji statistik menunjukkan p-value: 0.000 untuk pengetahuan sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan dan p-value: 0.000 untuk sikap sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan. Diharapkan institusi keperawatan dan puskesmas untuk meningkatkan pemberian edukasi tentang penularan dan penanganan diare yang benar di rumah dengan media kalender dan video.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Diare, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:53
Last Modified: 02 Aug 2021 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78559

Actions (login required)

View Item View Item