POTENSI BAKTERI ASAM LAKTAT ISOLAT SUSU KERBAU ASAL KABUPATEN AGAM UNTUK MENINGKATKAN N,P,K PUPUK ORGANIK DARI KOTORAN AYAM

Siti, Kholiza Siregar (2021) POTENSI BAKTERI ASAM LAKTAT ISOLAT SUSU KERBAU ASAL KABUPATEN AGAM UNTUK MENINGKATKAN N,P,K PUPUK ORGANIK DARI KOTORAN AYAM. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan spesies bakteri asam laktat (BAL) susu kerbau asal Kabupaten Agam secara molekuler dan mendapatkan pengaruh penambahan jenis BAL dan persentase penggunaan yang terbaik terhadap peningkatan kandungan N, P dan K pupuk organik, serta mendapatkan analisis kelayakan usaha. Metode yang digunakan Tahap I adalah metode deskriftif yaitu dengan mengamati bentuk, ukuran, pewarnaan Gram, dan uji biokimia isolat BAL, kemudian identifikasi secara molekuler 16S rRNA. Pada Penelitian Tahap II menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Parameter yang diuji pada Tahap II adalah nilai N, P dan K. Selanjutnya pada penelitian Tahap III dilanjutkan dengan analisis kelayakan usaha dengan analisa situasi dan finansial. Hasil dari penelitian Tahap I diperoleh BAL isolat dari susu kerbau Asal Agam adalah Lactobacillus paracasei (SKA1) dan Bacillus paramycoides (SKC1). BAL diaplikasikan sebagai starter dalam pembuatan pupuk organik. Penelitian Tahap II Pupuk organik dengan penambahan Lactobacillus paracasei 3 % memberikan nilai N, P dan K terbaik dengan nilai berturut-turut 2,31 %, 1,19 % dan 0,42 %. Selanjutnya pada penelitian Tahap III studi analisis kelayakan usaha pupuk organik diperoleh nilai NPV mencapai Rp 1.789.819,-, pada nilai IRR diperoleh sekitar 23 % dan nilai B/C ratio pada estimasi usaha ini adalah 1,47 artinya keuntungan mencapai 1,47 kali lipat dibandingkan biaya. Kesimpulannya adalah hasil isolat susu kerbau adalah Lactobacillus paracasei dan Bacillus paramycoides. Diaplikasikan pada pupuk organik dengan N,P dan K teringgi adalah Lactobacillus paracasei 3 % dengan nilai berturut-turut 2,31 %, 1,19 % dan 0,42 %. Dan analisis kelayakan usaha NPV mencapai Rp 1.789.819,-, pada nilai IRR diperoleh sekitar 23 % dan nilai B/C ratio pada estimasi usaha ini adalah 1,47, analisa ini menunjukkan usaha pembuatan pupuk organik layak dijalankan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Sri Melia, STP.,MP
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bakteri asam laktat, starter, pupuk organik, susu kerbau, analisa usaha
Subjects: Q Science > QR Microbiology
S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 02 Aug 2021 07:21
Last Modified: 02 Aug 2021 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78554

Actions (login required)

View Item View Item