FITRI, HANDAYANI (2014) A STUDY OF PRESUPPOSITION AS FOUND IN TAGLINE OF FANTASY MOVIE SERIES POSTERS. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Fulltext)
201404172017th_skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam skripsi ini, penulis mengkaji presupposition dan tipe-tipe dari kalimat presupposition yang terdapat pada tagline poster-poster film seri fantasi: Harry Potter, Twilight, The Chronicles of Narnia dan mengetahui makna tagline itu sendiri. Presupposition adalah asumsi untuk memaknai suatu pernyataan atau ungkapan yang tersirat. Data diambil dari poster film seri fantasi yang diunggah dari internet. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan teori tipe-tipe presupposition yang dikemukakan oleh George Yule (1996) dan teori pragmatic presupposition oleh Stalnaker pada Gazdar (1979). Dari hasil analisis, 16 tagline ditemukan 5 dari 6 tipe presupposition yang dikemukakan Yule (1996) yaitu (1) Existential Presupposition, (2) Lexical Presupposition, (3) Structural Presupposition, (4) Factive Presupposition, dan (5) Non-factive Presupposition. Presupposition yang paling banyak muncul adalah tipe Existential, tipe ini mendeskripsikan gambaran film pada tagline untuk memberikan informasi kepada penonton. Selanjutnya, dengan mengaplikasikan pendekatan pragmatic presupposition, penonton harus memiliki pengetahuan konteks untuk mendapatkan makna tagline sehingga menarik penonton untuk menonton film. Kata kunci: Presupposition, Makna, Pragmatic Presupposition, Tagline.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | mrs Rahmadeli rahmadeli |
Date Deposited: | 23 May 2016 10:00 |
Last Modified: | 23 May 2016 10:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7846 |
Actions (login required)
View Item |