PENGARUH PUTARAN TOOL TERHADAP KEKERASAN, KEKUATAN TARIK, STRUKTUR MAKRO-MIKRO PLAT KUNINGAN YANG DISAMBUNG DENGAN LAS GESEK-ADUK (FRICTION STIR WELDING, FSW)

Fauzan, Azima (2021) PENGARUH PUTARAN TOOL TERHADAP KEKERASAN, KEKUATAN TARIK, STRUKTUR MAKRO-MIKRO PLAT KUNINGAN YANG DISAMBUNG DENGAN LAS GESEK-ADUK (FRICTION STIR WELDING, FSW). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FullText)
5. SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengelasan merupakan teknik fabrikasi umum dalam kontruksi logam. Pada kontruksi pesawat terbang dan kapal, logam yang sering digunakan adalah kuningan. Kuningan ini memiliki weldability yang kurang baik pada pengelasan SMAW, untuk itu telah dikembangkan sebuah metode baru yaitu friction stir welding. Penelitian ini menggunakan kuningan sebagai base metal untuk friction stir welding dengan sambungan butt joint. Parameter yang divariasikan oleh mesin milling adalah kecepatan putaran tool pada 800, 1120, dan 1600 rpm, pada travel speed 12 mm/menit. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekuatan tarik terbesar terdapat pada kecepatan putaran tool 1120 rpm dengan nilai kekuatan tarik 152.7 MPa. Kekuatan tarik terendah terdapat pada kecepatan putaran tool 1600 rpm dengan nilai kekuatan tarik 73.3 MPa. Nilai kekerasan tertinggi terdapat pada kecepatan putaran tool 1120 rpm dengan nilai kekerasan 236 VHN. Nilai kekerasan terendah terdapat pada kecepatan putaran tool 800 rpm dengan nilai kekerasan 168 VHN. Hasil foto makro menunjukan adanya cacat incomplete penetration pada sepanjang daerah pengelasan pada tiap variasi kecepatan putaran tool.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Ilhamdi
Uncontrolled Keywords: Kuningan C26800, friction stir welding, kecepatan putaran tool, travel speed, incomplete penetration.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:31
Last Modified: 07 Sep 2021 07:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78381

Actions (login required)

View Item View Item