HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI KELURAHAN JATI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2021

Febby, Mula Marta (2021) HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI KELURAHAN JATI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Diare merupakan penyebab kematian pertama pada balita di Indonesia. Puskesmas Andalas merupakan Puskesmas dengan penemuan kasus diare tertinggi di Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sanitasi lingkungan dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Jati wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang 2021. Metode Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan dari Januari-Mei 2021. Populasi penelitian ini adalah ibu yang mempunyai balita di Kelurahan Jati, dengan jumlah sampel sebanyak 88 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate sampling dan dilanjutkan dengan simple random sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariate menggunakan uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95% (p<0,005). Hasil Hasil penelitian ini diperoleh kejadian diare pada balita (36,4%), kondisi sarana pembuangan tinja tidak memenuhi syarat (14,8%), kondisi sarana air bersih yang memenuhi syarat (100%), kondisi sarana SPAL rumah tangga tidak memenuhi syarat (93,2%), kondisi sarana tempat pembuangan sampah tidak memenuhi syarat (61,4%). Hasil uji statistik terdapat hubungan bermakna kondisi sarana tempat pembuangan sampah (p=0,027) dengan kejadian diare pada balita. Kesimpulan Terdapat hubungan kondisi sarana tempat pembuangan sampah dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Jati. Puskesmas dan instansi terkait dapat meningkatkan program penyuluhan, pemantauan, membuat pamflet, poster, spanduk sebagai media informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Septia Pristi Rahmah, SKM., MKM Trisfa Augia, S.Si., Apt., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kejadian Diare, Sanitasi Lingkungan, Kondisi Sarana Tempat Pembuangan Sampah.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:53
Last Modified: 02 Aug 2021 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78352

Actions (login required)

View Item View Item