Nugroho, Handi Wilujeng (2021) Ergonomi Makro Sebagai Suatu Pendekatan Untuk Pencegahan Kecelakaan Travel Pekanbaru-Padang di Jalan Raya. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover & Abstrak)
Cover & abstrak 2.pdf - Published Version Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (Kesimpulan)
BAB VI.pdf - Published Version Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
|
Text (Thesis Full Text)
Thesis full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kecelakaan lalu lintas terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan. Dengan pendekatan Ergonomi Makro sebuah kejadian kecelakaan tidak dapat dipandang sebagai “single chain of events” atau kejadian tunggal yang berdiri sendiri, tapi merupakan rangkaian lebih dari satu faktor kejadian yang mendorong sebuah kecelakaan terjadi. Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi faktor-faktor dominan penyebab kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Ergonomi Makro dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas, di mana faktor tersebut dibagi ke dalam tiga fase yaitu waktu sebelum munculnya kecelakaan, saat terjadinya kecelakaan dan setelah suatu kecelakaan itu terjadi. Kemudian, Haddon matrix digunakan sebagai alat yang menggabungkan tiga fase kejadian menjadi sebuah kombinasi untuk mengetahui faktor-faktor kecelakaan, dan dengan menggunakan Event Tree Analysis (ETA) untuk menentukan faktor yang dominan. Selanjutnya, keterkaitan antar faktor dianalisis berdasarkan pendapat expert judgement, lalu konsep pencegahan kecelakaan dirumuskan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas di masa yang akan datang. Dari hasil penelitian didapatkan 18 faktor dominan penyebab kecelakaan dari 4 elemen yakni elemen manusia, teknologi, lingkungan, manajemen. Berdasarkan hasil dari expert judgement mengenai keterkaitan tiap faktor dominan, pada faktor elemen manusia keterkaitan tertinggi terdapat pada pengemudi sedang berkendara dalam kecepatan tinggi, pada elemen teknologi terdapat pada kendaraan tidak memiliki lampu penerangan yang baik, sedangkan pada elemen lingkungan faktor yang memiliki keterkaitan tertinggi terdapat pada faktor cuaca hujan dan kondisi jalan licin. Penelitian ini juga menghasilkan 10 langkah tindakan preventif yang dapat dilakukan sebagai pencegahan terhadap road traffic accident untuk mengurangi angka kecelakaan yang dialami pengemudi travel di jalan raya. Saran yang diberikan untuk dapat diaplikasikan oleh pihak travel sebagai tindakan preventif dari elemen manajemen yaitu dengan membuat jadwal keberangkatan bagi para pengemudi travel dan membuat instruksi kerja bagi pengemudi travel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | s2 teknik industri |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 03:28 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 03:28 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78271 |
Actions (login required)
View Item |