REKAYASA PEMBUATAN BIODIESEL DARI TIGA JENIS BAHAN BAKU PADA SKALA LABORATORIUM DAN PENERAPAN METODE MADM SAW UNTUK MENGETAHUI BIAYA PALING EKONOMIS

Aprialis, HY (2021) REKAYASA PEMBUATAN BIODIESEL DARI TIGA JENIS BAHAN BAKU PADA SKALA LABORATORIUM DAN PENERAPAN METODE MADM SAW UNTUK MENGETAHUI BIAYA PALING EKONOMIS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Perpustakaan)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Produksi komoditi kelapa sawit yang sangat melimpah di Indonesia akan menghasilkan berbagai jenis produk hilir yang akan banyak bermanfaat, namun dengan jumlah yang sangat besar tanpa ada penggunaan yang lebih efektif dan menguntungkan secara ekonomi maka akan mengakibatkan harga kelapa sawit tersebut menjadi murah, selain digunakan menjadi minyak goreng, produk hilir kelapa sawit juga bisa digunakan menjadi biodiesel. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan salah satu minyak bekas penggorengan yang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan biodiesel, serta melakukan rekayasa pembuatan biodiesel menggunakan tiga jenis bahan baku yang dilakukan pada skala laboratorium dan kemudian dilakukan pengambilan keputusan menggunakan metode MADM SAW untuk mengetahui biaya paling ekonomis dari biodiesel yang dihasilkan. Hasil rekayasa minyak bekas penggorengan yang digunakan adalah minyak bekas penggorengan ikan tongkol yang menghasilkan analisis asam lemak bebas yang paling tinggi yaitu 4,32%. Hasil rekayasa pada pembuatan biodiesel menghasilkan nilai terbaik dan memiliki biaya paling ekonomis yaitu biodiesel menggunakan bahan baku CPO off grade dengan nilai rangking metode MADM SAW 1,000. Berdasarkan analisis kimia yang dihasilkan pada biodiesel dari bahan baku CPO off grade yaitu rendemen paling tinggi 93%, massa jenis 940,4 kg/m3, viskositas kinematik 3,28 mm2/s, titik nyala 148 OC, dan titik kabut 15,6 OC.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim
Uncontrolled Keywords: kelapa sawit, rekayasa minyak goreng, rekayasa biodiesel, MADM SAW.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknologi industri pertanian
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:13
Last Modified: 13 Aug 2021 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78244

Actions (login required)

View Item View Item