FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN TERHADAP PELAKSANAAN REGULASI (PERATURAN DAERAH) TENTANG IZIN USAHA DEPOT AIR MINUM DI KOTA PARIAMAN TAHUN 2021

Fikria, Hazimah (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN TERHADAP PELAKSANAAN REGULASI (PERATURAN DAERAH) TENTANG IZIN USAHA DEPOT AIR MINUM DI KOTA PARIAMAN TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI FIKRIA HAZIMAH_1811216021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kota Pariaman telah menerbitkan Perda Nomor 9 Tahun 2015 tentang Izin Usaha Depot Air Minum dengan tujuan sebagai dasar hukum melakukan pengawasan agar kualitas air yang diproduksi terjaga. Namun berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Pariaman Tahun 2020 diketahui sebanyak 65% air olahan tersebut tidak memenuhi syarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan terhadap pelaksanaan (peraturan daerah) tentang izin usaha depot air minum di Kota Pariaman. Penelitian menggunakan metode cross sectional dengan jumlah sampel 58 pemilik/pengelola depot air minum dengan teknik total sampling. Pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan analisis univariat dan bivariat. Setelah dilakukan analisis dapat diketahui faktor-faktor yang berhubungan signifikan dengan kepatuhan terhadap pelaksanaan regulasi (peraturan daerah) tentang izin usaha depot air minum yaitu pengetahuan (p = 0,000), sikap (p = 0,009), higiene dan sanitasi (p = 0,000), pembinaan (0,000) dan pengawasan (p = 0,000). Kepatuhan pemilik/pengelola depot air minum terhadap Perda Nomor 9 Tahun 2015 dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap, higiene sanitasi, pembinaan dan pengawasan. Diharapkan Dinas Kesehatan Kota Pariaman meningkatkan kegiatan penyuluhan, pelatihan higiene sanitasi, pembinaan dan pengawasan terkait Perda, serta pengurusan izin usaha depot air minum. Disamping itu perlu melibatkan asosiasi depot air minum yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trisfa Augia, S.Si, Apt.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Perda, depot air minum, asosiasi depot air minum
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:50
Last Modified: 23 Aug 2021 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78199

Actions (login required)

View Item View Item