Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kecemasan pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas selama Pembelajaran Daring

Miftahul, 'Ilmi (2021) Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kecemasan pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas selama Pembelajaran Daring. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img] Text
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan perubahan kegiatan akademis untuk menerapkan physical distancing yang mengakibatan mahasiswa harus beradaptasi dengan metode baru. Salah satu dampak dari adaptasi adalah munculnya kecemasan, untuk mengatasinya ialah dengan aktivitas fisik namun terdapat tantangan keaktifan dalam beraktivitas fsik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan, arah dan kekuatan hubungan aktivitas fisik terhadap kecemasan mahasiswa daring. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 138 mahasiswa yang dipilih dengan metode accidenntal sampling. Alat ukur Zung Self-rating Anxiety Scale dan Global Physical Activity Questionaire. Analisa data menggunakan uji Pearson. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa rerata kecemasan (50,43 ± 6,52) berada pada kategori ringan menuju sedang dan rerata aktivitas fisik (1228,14 MET-min/week ± 1042.563) berada pada kategori sedang. Terdapat korelasi negatif yang signifikan, dimana aktivitas fisik meningkat maka kecemasan menurun (p value = 0,000; r = (-)0.371). Disarankan kepada mahasiswa untuk meningkatkan aktivitas fisik sebagai upaya mengurangi kecemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp, MN, PhD
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik, Kecemasan, Pembelajaran Daring
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:37
Last Modified: 22 Jul 2021 06:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77991

Actions (login required)

View Item View Item