FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMA SWASTA ADABIAH PADANG TAHUN 2021

Miftahul, Hikmah (2021) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMA SWASTA ADABIAH PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam memotivasi diri sendiri, bagaimana bertahan dalam menghadapi frustasi, tidak berlebihan dalam perasaan senang dan mengatur suasana hati. Penelitian tahun 2018 pada 300 siswa SMA di Kota Padang ditemukan 51,84% remaja memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kecerdasan emosional remaja di SMA Swasta Adabiah Padang Tahun 2021. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi berjumlah 387 siswa dan jumlah sampel 195 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan proporsional random sampling. Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan ada hubungan pekerjaan ibu (p=0.037), pendapatan orang tua (p=0.015), pola asuh orang tua (p=0.017), interaksi teman sebaya (p=0.001) dan religiusitas (p=0.031 ) terhadap kecerdasan emosional remaja. Hasil uji regresi logistik diperoleh interaksi teman sebaya merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kecerdasan emosional. Ada hubungan antara interaksi teman sebaya, pola asuh orang tua, pendapatan orang tua, pekerjaan ibu, religiusitas dengan kecerdasan emosional remaja. Variabel yang paling berpengaruh adalah interaksi teman sebaya. Disarankan kepada pihak sekolah agar meningkatkan peran teman sebaya melalui program Sanggar Konsultasi Remaja dan PIK-R.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mery Ramadani, SKM., MKM
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Remaja, Interaksi Teman Sebaya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 22 Jul 2021 08:11
Last Modified: 22 Jul 2021 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77983

Actions (login required)

View Item View Item