PENGARUH PEMBERIAN KECAMBAH PADI (Oryza sativa L.) DARI UMUR YANG BERBEDA TERHADAP PERFORMANS AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB) DENGAN RANSUM YANG MENGANDUNG KROKOT (Portulaca oleracea L.)

Anna, Meawati Pakpahan (2021) PENGARUH PEMBERIAN KECAMBAH PADI (Oryza sativa L.) DARI UMUR YANG BERBEDA TERHADAP PERFORMANS AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB) DENGAN RANSUM YANG MENGANDUNG KROKOT (Portulaca oleracea L.). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (318kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian kecambah padi (Oryza sativa L.) dengan umur perkecambahan yang berbeda terhadap performans ayam kampung unggul balitnak (KUB) dengan ransum yang mengandung krokot (Portulaca oleracea L.). Penelitian ini menggunakan DOC ayam KUB sebanyak 80 ekor yang dipelihara selama lima minggu dan pada minggu ke enam sampai ayam berumur sembilan minggu diberi perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan percobaan yaitu Rancangan Acak engkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian kecambah padi dalam bentuk segar dari umur yang berbeda yang diberikan secara terpisah dengan ransum. Perlakuan A (tanpa kecambah padi), B (kecambah padi mur 1 hari), C (kecambah padi umur 4 hari), dan D (kecambah padi umur 7 hari). Ransum perlakuan disusun dengan iso protein 18% dan iso energi 2800 kkal/kg. Peubah yang diamati dalam penelitian ini yaitu konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil penelitian dan analisis ragam menunjukkan bahwa perlakuan memberi pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan, berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konversi ransum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian kecambah padi umur 4 hari sebagai pakan fungsional menghasilkan performans terbaik dengan rataan konsumsi ransum 52,49 g/ekor/hari, pertambahan bobot badan 17,68 g/ekor/hari, dan konversi ransum 3,58. Kata kunci : Kecambah Padi, Ayam KUB, Performans

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 22 Jul 2021 01:46
Last Modified: 22 Jul 2021 01:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77966

Actions (login required)

View Item View Item