Studi Pemanfaatan Pelayanan Antenatal Care (ANC) oleh Ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Argamakmur Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2020

Orina, Vandini (2021) Studi Pemanfaatan Pelayanan Antenatal Care (ANC) oleh Ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Argamakmur Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skirpsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Antenatal Care (ANC) merupakan pelayanan bagi ibu hamil yang dapat mencegah adanya kelainan dan komplikasi selama kehamilan dengan minimal kunjungan 4 kali (K4). Cakupan ANC pada Pukesmas Argamakmur masih di bawah standar yaitu 86,6%. Penelitian bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Kunjungan ANC pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Argamakmur tahun 2020. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Argamakmur dari bulan Desember 2020 – Mei 2021 dengan populasi sebanyak 455 orang dan sampel sebanyak 96 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan chi-square. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa ibu 32,3% tidak melakukan kunjungan ANC lengkap, 26,1% berada pada usia berisiko, 8,3% memiliki pendidikan rendah, 35,4% tidak bekerja, 51,1% memiliki pengetahuan rendah, dan 54,2% memiliki sikap negatif. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan bermakna antara umur (0,001), pendidikan (0,001), pekerjaan (0,000), pengetahuan (0,000), dan sikap (0,003) dengan kunjungan ANC. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara umur, pendidikan, pekerjaan, pengetahuan dan sikap dengan kunjungan ANC. Diharapkan puskesmas lebih meningkatkan sosialisasi agar dapat meningkatkan kesadaran bagi ibu untuk senantiasa melakukan kunjungan ANC yang cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: CH. Tuty Ernawaty, SKM, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Antenatal Care, kunjungan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 Jul 2021 06:51
Last Modified: 23 Jul 2021 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77964

Actions (login required)

View Item View Item