KEMAMPUAN KONSORSIUM BAKTERI ENDOFIT DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN PENYAKIT LAYU STEWART Pantoea stewartii subsp. stewartii DAN MEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG

Nita, Rambe Nitona (2021) KEMAMPUAN KONSORSIUM BAKTERI ENDOFIT DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN PENYAKIT LAYU STEWART Pantoea stewartii subsp. stewartii DAN MEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB akhir (V).pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img] Text (full text skripsi)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Penyakit layu stewart merupakan salah satu penyakit utama pada tanaman jagung yang disebabkan oleh bakteri patogen Pantoea stewartii subsp. stewartii (Pnss). Penyakit ini tergolong sulit dikendalikan karena bersifat tular benih dan juga tular serangga. Bakteri endofit merupakan bakteri yang berada dalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan kerusakan pada jaringan tanaman inang. Bakteri ini banyak dikembangkan sebagai agens biokontrol dan biofertilazer. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsorsium bakteri endofit yang mampu menekan perkembangan penyakit layu stewart dan memacu pertumbuhan tanaman jagung. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 6 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan terdiri atas konsorsium bakteri endofit A = (Alcaligens faecalis AJ14 + Bacillus cereus AJ34), B = (Alcaligenes faecalis AJ14 + Serratia marcescens AR1), C = (Bacillus cereus AJ34 + Serratia marcescens AR1), D = (Alcaligenes faecalis AJ14 + Bacillus cereus AJ34 + Serratia marcescens AR1) dengan kontrol negatif dan kontrol positif. Sebelum penanaman benih jagung direndam selama 10 menit dengan suspensi konsorsium bakteri endofit 108 FUC/ml sesuai perlakuan. Inokulasi bakteri Pnss dilakukan saat bibit jagung berumur 8 hst menggunakan metode infiltrasi pada pangkal batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsorsium bakteri endofit Alcaligenes faecalis AJ14 + Bacillus cereus AJ34 + Serratia marcescens AR1 merupakan konsorsium terbaik dengan keparahan penyakit layu stewart 8,33% dengan indeks penekanan penyakit 78,54% serta mampu memacu pertumbuhan tanaman jagung dengan efektivitas pertumbuhan mencapai 46,738%. Kata kunci: bakteri endofit, konsorsium, layu stewart, Pantoea stewartii subsp. stewartii.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Haliatur Rahma, S, Si, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 21 Jul 2021 02:56
Last Modified: 21 Jul 2021 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77931

Actions (login required)

View Item View Item