Analisis Pelaksanaan Public-Private Mix Dalam Meningkatkan Capaian Case Detection Rate (CDR) TB di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas

Annisa, Afritika (2021) Analisis Pelaksanaan Public-Private Mix Dalam Meningkatkan Capaian Case Detection Rate (CDR) TB di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Banyaknya kasus TB yang belum ditemukan menjadi permasalahan utama dalam penanggulangan TB di Indonesia. Capaian CDR TB Kota Padang pada tahun 2020 adalah 31,5% (target CDR 74%), sedangkan CDR di Puskesmas Andalas adalah sebesar 22,5%. Public-Private Mix (PPM) dapat membantu meningkatkan capaian Case Detection Rate (CDR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi pelaksanaan Public-Private Mix dalam meningkatkan capaian Case Detection Rate (CDR) TB di wilayah kerja Puskesmas Andalas. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Andalas pada bulan September-Mei 2021 dengan informan sebanyak 7 orang, menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Hasil: PPM diterapkan tahun 2019 melibatkan 10 klinik swasta dan belum mengikutkan DPM. Sosialisasi PPM telah dilakukan satu kali oleh Dinas Kesehatan Kota Padang. Belum ada pertemuan dan pengawasan rutin yang dilakukan terkait pelaksanaan PPM. Kesimpulan: Pelaksanaan PPM pada wilayah kerja puskesmas belum terlaksana secara optimal karena kurangnya sosialisasi dan pengawasan dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga PPM belum mampu memberikan kontribusi yang berarti terhadap capaian Case Detection Rate (CDR) TB di Puskesmas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Adila Kasni Astiena, MARS
Uncontrolled Keywords: tuberculosis, public private mix, cdr
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:35
Last Modified: 21 Jul 2021 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77864

Actions (login required)

View Item View Item