MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENDAMPINGAN KOMPONEN KESEHATAN IBU HAMIL DI KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Eno, Sandra Putri (2021) MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENDAMPINGAN KOMPONEN KESEHATAN IBU HAMIL DI KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam pendampingan komponen kesehatan ibu hamil di Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Kabupaten Padang Pariaman khususnnya Kecamatan Ulakan Tapakis merupakan salah satu daerah yang melaksanakan Program ini. Koordinasi antar stakeholders sudah cukup baik namun dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan masih terdapat kendala. Untuk itu diperlukan suatu proses manajemen yang baik agar program yang ditetapkan dapat mencapai tujuannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah fungsi manajemen menurut G.R Terry terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Pelaksana PKH Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan dari teori yang dikemukakan oleh G.R Terry adalah (1) Perencanaan berjalan baik namun masih terdapat kendala seperti masih terdapatnya peserta PKH yang tidak mengikuti pertemuan kelompok sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan(2) Pengorganisasian cukup baik dilihat dari adanya struktur organisasi yang jelas dan pembagian kerja yang baik sehingga masing-masing pihak dapat menjalankan tugas dan wewenang tanpa adanya tumpang tindih kewenangan (3) Penggerakkan yang diberikan sudah dilakukan dengan sangat baik seperti adanya motivasi berupa pemberian penghargaan kepada pendamping jika melakukan graduasi terbanyak kepada peserta PKH, komunikasi dan koordinasi berjalan lancar sehingga pengarahan yang diberikan dapat tersampaikan ke sasaran program, (4) Pengawasan yang dilakukan sudah maksimal hal ini dapat dilihat dari tidak adanya ibu hamil penerima manfaat yang melanggar komitmen PKH atau indikator keberhasilan program yang sudah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syamsurizaldi, S.IP, S.E, MM
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Keluarga Harapan
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:48
Last Modified: 19 Jul 2021 03:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77806

Actions (login required)

View Item View Item