PENEGAKAN HUKUM DALAM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP MAKANAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN KEAMANAN PANGAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Padang No. 429/Pid.Sus/2019/PN.Pdg)

Beta, Pandu Yulita (2021) PENEGAKAN HUKUM DALAM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP MAKANAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN KEAMANAN PANGAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Padang No. 429/Pid.Sus/2019/PN.Pdg). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS TURNITI BETA PANDU YULITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penegakan hukum merupakan usaha melaksanakan hukum sebagaimana mestinya, mengawasi pelaksanaanya agar tidak terjadi pelanggaran dan jika terjadi pelanggaran memulihkan hukum yang dilanggar itu supaya dapat ditegakkan kembali. Upaya Penegakan hukum terdiri dari penegakan hukum represif dan preventif, penegakan hukum represif yaitu segala tindakan yang dilakukan oleh penegak hukum sesudah terjadi tindak pidana dan penegakan hukum preventif yaitu pemberian informasi, petunjuk dan pengawasan. Berkaitan dengan penegakan hukum dalam perlindungan konsumen terhadap makanan yang tidak sesuai dengan keamanan pangan (Studi Putusan Nomor 429/Pid.Sus/2019/PM Pdg) dirasa kurang tepat apabila dalam penegakan hanya fokus kepada penegakan hukum represif saja. Adapun permasalahannya yakni: 1) Bagaimanakah penegakan hukum dalam perlindungan konsumen terhadap penjual sate KMSB yang tidak sesuai dengan keamanan pangan di Kota Padang. 2) Bagaimanakah koordinasi antara instansi terkait dalam penegakan hukum dalam perlindungan konsumen terhadap penjual sate KMSB yang tidak sesuai dengan keamanan pangan di Kota Padang. 3) Apakah yang menjadi kendala dan bagaimanakah upaya mengatasi kendala dalam melakukan penegakan hukum dalam perlindungan konsumen terhadap penjual sate KMSB yang tidak sesuai dengan keamanan pangan di Kota Padang. Jenis penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Kesimpulan yang penulis dapat dari hasil penelitian ini adalah: 1) Penegakan hukun dalam perlindungan konsumen terhadap penjual sate KMSB yang tidak sesuai dengan keamanan di Kota Padang dilakukan dengan penegakan hukum represif, penegakan hukum represif telah berjalan dengan baik namun penegekan hukum preventif belum berjalan sebagaimana yang seharusnya. 2) Koordinasi antar instansi terkait dalam penegakan hukum dalam perlindungan konsumen terhadap penjual KMSB sate yang tidak sesuai dengan keamanan pangan di Kota Padang ini belum berjalan dengan baik atau belum sesuai dengan yang diharapkan. 3) Kendala dalam penegakan hukum dalam perlindungan konsumen terhadap penjual sate KMSB yang tidak sesuai dengan keamanan pangan di Kota Padang yaitu keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya kesadaran masyarakat, kurang jalannya koordinasi instansi terkait, kurang memadai sarana dan prasarana. Upaya mengatasi kendala dalam penegakan hukum dalam perlindungan konsumen terhadap penjual sate KMSB yang tidak halal di Kota Padang yaitu melakukan sosialisasi dan pengawasan kepada pelaku usaha dan konsumen, melakukan pendataan usaha terhadap pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yoserwan, S.H., M.H., LL.M
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum - Perlindungan Konsumen – Keamanan Pangan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 03 Aug 2021 07:42
Last Modified: 03 Aug 2021 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77697

Actions (login required)

View Item View Item