GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU MENCUCI TANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Dokter Universitas Andalas Tahun Angkatan 2017)

Mayang, Elifa Imama Nugroho (2021) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU MENCUCI TANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Dokter Universitas Andalas Tahun Angkatan 2017). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan)
3. Bab 6 (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
5. Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mencuci tangan dengan air dan sabun merupakan salah satu langkah preventif yang efektif dan penting dalam menghadapi pandemi COVID-19. Air dan sabun dapat merusak membran lipid virus dan mengeliminasi virus dari permukaan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan perilaku mencuci tangan mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Dokter Universitas Andalas tahun angkatan 2017 di masa pandemi COVID-19. Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan teknik simple random sampling pada bulan April hingga Juli 2021 dengan responden sebanyak 166 orang. Data yang diperoleh merupakan data primer dari kuesioner yang dibagikan secara daring yang kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden terbanyak memiliki persentase tingkat pengetahuan cukup (42,8%) dan perilaku baik (94,5%). Berdasarkan jenis kelamin, responden perempuan memiliki paling banyak proporsi tingkat pengetahuan baik (32,8%) dan perilaku baik (95,2%). Berdasarkan status pendidikan klinik, proporsi tingkat pengetahuan baik terbanyak dimiliki oleh responden yang belum menjalani pendidikan klinik (31,5%) dan proporsi perilaku baik terbanyak dimiliki oleh responden yang telah menjalani pendidikan klinik (96,3%). Kesimpulan penelitian ini adalah responden paling banyak memiliki persentase tingkat pengetahuan cukup dan perilaku baik dalam mencuci tangan di masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rina Gustia, Sp.KK(K)
Uncontrolled Keywords: mencuci tangan, COVID-19, pendidikan dokter, tingkat pengetahuan, perilaku
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 16 Jul 2021 07:36
Last Modified: 16 Jul 2021 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77680

Actions (login required)

View Item View Item