Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Pada Kawasan Konservasi Penyu Kota Pariaman Oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat

Yudha, Kurnia Jamra (2021) Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Pada Kawasan Konservasi Penyu Kota Pariaman Oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover& Abstrak.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan pada Kawasan UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat yang merupakan Lembaga Konservasi sekaligus objek wisata yang dikelola oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian menggunakan pendekatan pariwisata berkelanjutan oleh John Swarbrooke. Dengan menggunakan 3 variabel yaitu: dimensi lingkungan, dimensi ekonomi dan dimensi sosial budaya. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam pembangunan pariwisata keberlanjutan pada kawasan UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat masih belum optimal, karena masih banyak permasalahan yang terjadi di antaranya dari dimensi lingkungan seperti erosi dan polusi, dan infrastuktur yang sudah tidak memadai hingga SDM yang kurang sehingga terjadinya pengelolaan yang kurang baik juga terhadap UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat untuk saat ini. Saran yang peneliti berikan adalah peneliti menyarankan untuk pengembangan sarana dan prasarana UPTD konservasi penyu untuk terus ditingkatkan lagi dan peneliti menyarankan untuk memperbaiki kinerja UPTD untuk bisa mengelola konservasi dengan baik. Selain itu peneliti menyarankan pihak konservasi perlu melakukan penambahan jumlah personil untuk lebih di tingkatkan lagi dalam performance UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Dan pihak konservasi perlu melakukan penambahan jumlah penampungan sampah organik maupun non organik untuk meminimalisir sampah yang berserakan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Desna Aromatica, SAP, M.AP
Uncontrolled Keywords: Pembangunan, Pariwisata, Pariwisata Berkelanjutan, UPTD KPSDKP, Dinas Kelautan dan Perikanan
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:26
Last Modified: 16 Jul 2021 02:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77611

Actions (login required)

View Item View Item