Gamabaran Sarana Protokol kesehatan Sekolah Dasar dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi COVID-19 di Kota Padang

Putri, Dwi Rusmayanti (2021) Gamabaran Sarana Protokol kesehatan Sekolah Dasar dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi COVID-19 di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir penutup)
BAB akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Laporan kurangnya sarana protokol kesehatan yang memadai di sekolah datang dari berbagai pihak, padahal untuk memulai sekolah tatap muka di masa pandemi COVID-19 pihak sekolah harus mempersiapkan sekolah yang lebih aman. Kota Padang ikut dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terhitung sejak awal semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sarana protokol kesehatan di Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi COVID-19 di Kota Padang. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel 60 Sekolah Dasar dengan teknik propotional random sampling. Data dikumpulkan dengan observasi dan pengisian instrumen lembar checklist sarana protokol kesehatan saat melaksanakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi COVID-19. Pengolahan data dilakukan dengan sistem komputerisasi dan dianalisis dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan 73,3% Sekolah Dasar memiliki sarana cuci tangan pakai sabun(CTPS)/Hand sanitizer yang sesuai, 75,0% Sekolah Dasar memiliki perlengkapan disinfeksi yang sesuai, 70,0% Sekolah Dasar memiliki sarana kebersihan yang sesuai, 73,3% Sekolah Dasar memiliki thermo gun yang sesuai, 50,0% Sekolah Dasar melaksanakan pengaturan kelas sesuai standar dan 48,3% Sekolah Dasar menyediakan masker cadangan yang jumlahnya memenuhi standar minimum. Perlu adanya kegiatan evaluasi secara rutin terkait ketersediaan sarana protokol kesehatan Sekolah Dasar selama pembelajaran tatap muka di masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.Kp., M.Kep
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Pembelajaran Tatap Muka, Sarana Protokol Kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:34
Last Modified: 16 Jul 2021 03:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77571

Actions (login required)

View Item View Item