EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KARET(Hevea brassiliensis L.) DI NAGARI PANGIAN KECAMATAN LINTAU BUO KABUPATEN TANAH DATAR

MUHAMMAD, RAFIQ FERNANDA YASRIL (2021) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KARET(Hevea brassiliensis L.) DI NAGARI PANGIAN KECAMATAN LINTAU BUO KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan lahan yang optimal perlu mempertimbangkan kualitas dan karakteristik lahan. Penilaian kualitas dan karakteristik lahan dapat dilakukan dengan evaluasi lahan. Dasar dari kegiatan evaluasi lahan adalah membandingkan persyaratan yang diperlukan untuk penggunaan lahan tertentu dengan kualitas dan karakteristik lahan yang dimiliki. Penelitian bertujuan untuk menentukan kelas kesesuaian lahan untuk budidaya tanaman karet (Hevea brassiliensis L.) yang ada pada Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini dilakukan dengan metoda survei. Pengambilan sampel tanah di Nagari Pangian diambil berdasarkan satuan lahan pada penggunaan lahan perkebunan dan pertanian lahan kering bercampur semak. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling. Pengklasifikasian evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman karet di Nagari Pangian dilakukan dengan metode matching(pencocokan antara kriteria kualitas dan karakteristik lahan untuk tanaman karet dengan data hasil analisis). Hasil penelitian di Nagari Pangian pada satuan lahanPerkebunan lereng 25 - 45% danPertanian lahan kering lereng 8 - 15% didapatkan kelas sesuai marjinal (S3) sub-kelas S3tc dengan faktor pembatas suhu dengan luas 255,12 ha atau 10,09 % (dari total luas Nagari Pangian). Pada satuan lahan Perkebuan lereng 0 -8%,Perkebunan lereng 8 -15% danPertanian lahan kering lereng 0 - 8% didapatkan kelas cukup sesuai (S2) sub-kelas S2tc,wa dengan faktor pembatas suhu dan curah hujan dengan luas 867,4 ha atau 34,32 % (dari total luas Nagari Pangian). Pada satuan lahan Perkebunan lereng 15 -25%,Pertanian lahan kering lereng 15 -25% dan Pertanian lahan kering lereng 25 - 45% didapatkan kelas cukup sesuai (S2) sub-kelas S2tc,wa,eh dengan faktor pembatas suhu, curah hujan dan bahaya erosi dengan luas 814,56 ha atau 32,23 % (dari total luas Nagari Pangian). Usaha perbaikan yang dilakukan pada lahan dengan membuat strip croppingpada lahan pertanian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Juniarti, SP., MP
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian Lahan, Tanaman Karet (Hevea brassiliensis L.), Pangian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 15 Jul 2021 03:31
Last Modified: 15 Jul 2021 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77507

Actions (login required)

View Item View Item