PENGARUH PEMBERIAN JUS BROKOLI (Brassica oleraceae var. italica) DAN PROPOLIS TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI MONOSODIUM GLUTAMATE

Raihanis, Sa'adah Hamdan (2021) PENGARUH PEMBERIAN JUS BROKOLI (Brassica oleraceae var. italica) DAN PROPOLIS TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI MONOSODIUM GLUTAMATE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Brokoli (Brassica oleraceae var. italica) dan propolis dengan aktivitas antioksidan yang dimilikinya mampu memperbaiki kerusakan sel spermatozoa mencit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan infertilitas pada pria, salah satunya adalah penggunaan penyedap rasa atau Monosodium glutamate yang berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian jus brokoli dan propolis terhadap motilitas, morfologi dan jumlah spermatozoa mencit putih jantan yang diinduksi Monosodium glutamate. Hewan uji yang digunakan mencit putih jantan yang berumur lebih kurang 2-3 bulan dengan berat badan berkisar 20-35 gram. Sebanyak 25 ekor hewan uji dibagi menjadi 5 kelompok, tiap kelompok hewan uji terdiri dari 5 ekor. Kelompok 1 sebagai kontrol negatif, kelompok 2 sebagai kontrol positif, kelompok 3 diberi jus brokoli (2,52 g/KgBB) dan propolis (1,4 g/KgBB), kelompok 4 diberi jus brokoli (2,52 g/KgBB), dan kelompok 5 diberi propolis (1,4 g/KgBB). Pengamatan dilakukan menggunakan kamar hitung Hemasitometer Improve Neubauer pada mikroskop optilab terhadap kualitas spermatozoa yang meliputi persentase motilitas, persentase morfologi normal dan jumlah spermatozoa mencit putih jantan. Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA satu arah untuk semua parameter uji. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa jus brokoli dan propolis menunjukkan pengaruh pemberian yang nyata (p<0,05) terhadap kualitas spermatozoa mencit putih jantan. Pemberian jus brokoli dan propolis dapat meningkatkan motilitas, morfologi dan jumlah spermatozoa mencit putih jantan (Mus musculus L.) yang diinduksi Monosodium glutamate. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Dwisari Dillasamola, M.Farm
Uncontrolled Keywords: Infertilitas, antioksidan, brokoli, propolis, Monosodium glutamate, kualitas spermatozoa.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 14 Jul 2021 02:39
Last Modified: 14 Jul 2021 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77447

Actions (login required)

View Item View Item