PENGARUH PEMBERIAN KATEKIN DARI GAMBIR TERPURIFIKASI (Uncaria gambir Roxb.) DAN PROPOLIS TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI MONOSODIUM GLUTAMATE

Hanifatul, Larissa (2021) PENGARUH PEMBERIAN KATEKIN DARI GAMBIR TERPURIFIKASI (Uncaria gambir Roxb.) DAN PROPOLIS TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI MONOSODIUM GLUTAMATE. Diploma thesis, UniversitasAndalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrack.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Kesimpulan))
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Katekin dari gambir (Uncaria gambir Roxb.) dan propolis merupakan salah satu sumber antioksidan yang dapat digunakan untuk melawan radikal bebas yang ada pada tubuh. Salah satu sumber radikal bebas yang dapat masuk ke dalam tubuh adalah monosodium glutamate apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, hal ini dapat menyebabkan terjadinya infertilitas pada laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian katekin dari gambir dan propolis terhadap jumlah, motilitas, dan morfologi spermatozoa mencit putih jantan. Pada penelitian ini digunakan 30 ekor mencit jantan sebagai hewan percobaan yang dibagi menjadi 6 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5 ekor mencit jantan. Kelompok 1 sebagai kontrol negatif yang hanya diberikan makan dan minum, kelompok 2 kontrol positif yang hanya diberikan induksi monosodium glutamate 1 g/kgbb, kelompok 3 diberi katekin 2 mg/kgbb, kelompok 4 diberi propolis 1400 mg/kgbb, kelompok 5 diberi induksi MSG 1 g/kgbb + katekin 2 mg/kgbb, dan kelompok 6 diberi MSG 1 g/kgbb + propolis 1400 mg/kgbb. Pengamatan dilakukan pada hari ke-36 menggunakan kamar hitung Hemasitometer Improve Neubauer pada mikroskop optilab terhadap kualitas spermatozoa yang meliputi jumlah, persentase motilitas dan persentase morfologi normal spermatozoa mencit. Data yang didapatkan diolah secara statistic menggunakan ANOVA satu arah dilanjutkan dengan Duncan Post Hoc Tests. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa katekin dan propolis memberikan pengaruh pemberian yang nyata (P<0,05) terhadap kualitas spermatozoa mencit putih jantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Dwisari Dillasamola, M. Farm
Uncontrolled Keywords: Antioksidan, katekin, propolis, spermatozoa, motilitas, morfologi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 14 Jul 2021 02:40
Last Modified: 14 Jul 2021 02:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77446

Actions (login required)

View Item View Item