PENGARUH MEKANISME INTERNAL CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KUALITAS INFORMASI INTERNAL (Studi Empiris pada Perusahaan di Indeks IDX30 Periode 2015-2019)

Hidayat, Andapis (2021) PENGARUH MEKANISME INTERNAL CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KUALITAS INFORMASI INTERNAL (Studi Empiris pada Perusahaan di Indeks IDX30 Periode 2015-2019). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pengaruh mekanisme internal corporate governance terhadap nilai perusahaan melalui kualitas informasi internal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 perusahaan di Indeks IDX30 periode 2015-2019 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan yang diterbitkan oleh setiap perusahaan melalui situs resminya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.3.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan komisaris berpengaruh negatif terhadap ROA dan berpengaruh negatif signifikan terhadap Tobin’s Q. Komite audit berpengaruh positif terhadap ROA dan Tobin’s Q. Dewan komisaris dan komite audit berpengaruh negatif terhadap tidak adanya penyajian kembali laporan keuangan. Dewan komisaris dan komite audit masing-masing memiliki pengaruh positif dan positif signifikan terhadap kecepatan pengumuman laba. Tidak adanya penyajian kembali laporan keuangan berpengaruh positif terhadap ROA dan Tobin’s Q. Kecepatan pengumuman laba berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA dan Tobin’s Q. Kualitas informasi internal yang diproksikan dengan tidak adanya penyajian kembali laporan keuangan dan kecepatan pengumuman laba tidak mampu memediasi hubungan antara mekanisme internal corporate governance dengan nilai perusahaan. Kata Kunci: IDX30, Kualitas Informasi Internal, Mekanisme Internal Corporate Governance, dan Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Efa Yonnedi, S.E., MPPM., Ph.D., Ak
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 13 Jul 2021 07:35
Last Modified: 13 Jul 2021 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77425

Actions (login required)

View Item View Item