PELAKSANAAN PENYIDIKAN OLEH PENYIDIK POLRI TERHADAP ANAK YANG MENJADI PERANTARA DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA DENGAN MEMPERHATIKAN HAK-HAK ANAK SEBAGAI TERSANGKA (Studi di Wilayah Hukum Polres Kota Pariaman)

Heru, Zarfi (2021) PELAKSANAAN PENYIDIKAN OLEH PENYIDIK POLRI TERHADAP ANAK YANG MENJADI PERANTARA DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA DENGAN MEMPERHATIKAN HAK-HAK ANAK SEBAGAI TERSANGKA (Studi di Wilayah Hukum Polres Kota Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Anak merupakan amanah dan Karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya. Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28 B Ayat (2) dijelaskan bahwa Negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. Hak-hak anak juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Meskipun telah ada pengaturan hak-hak tentang anak dalam proses penyidikan yang terlibat tindak Pidana Narkotika, namun pelakasanaan di lapangan masih belum maksinal dalam pemenuhan hak-hak anak sebagai tersangka yang terlibat Tindak Pidana Narkotika. Bahkan kasus anak yang terlibat sebagai perantara Narkotika dengan memperhatikan hak-hak anak sebagai tersangka di Polres Kota Pariaman adalah salah satu dari kasus yang cukup memprihatinkan. Maka kurangnya pemenuhan hak-hak anak sebagai tersangka dalam proses penyidikan yang menjadi titik berat penelitian ini. Rumusan Masalah : Bagaimana pelaksanaan penyidikan oleh penyidik Polri terhadap anak sebagai perantara dalam tindak pidana Narkotika dengan memperhatikan hak-hak anak sebagai tersangka di Polres Kota Pariaman?, Apa kendala penyidik dalam memeriksa anak sebagai perantara tindak pidana Narkotika dengan memperhatikan hak-hak anak sebagai tersangka di Polres Kota Pariaman?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan secara yuridis empiris. Pelaksanaan penyidikan terhadap anak yang menjadi perantara dalam tindak pidana narkotika dengan memperhatikan hak-hak anak sebagai tersangka, penyidik polres Kota Pariaman masih banyak mengakui kekurangan dalam hal penyidikan dengan pemenuhan hak-hak anak yang diatur dalam undang-undang yang berlaku.Penyidik dalam hal ini selalu mengutamakan pemenuhan perlindungan terhadap hak-hak anak pada saat mulai dari penyelidikan, penyidikan, hingga pelimpahan berkas perkara. Terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan penyidikan terhadap anak yang menjadi perantara tindak pidana narkotika dengan memeprhatikan hak-hak anak sebagai tersangka di Polres Kota Pariaman yaitu : Pihak penyidik memiliki keterbatasan waktu dalam pemeriksaaan anak sebagai tersangka, kurangnya sumber daya manusia (SDM) yaitu penyidik anak, kurangnya saran dan prasarana dalam tahap pemeriksaaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. A. Irzal Rias, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 13 Jul 2021 07:38
Last Modified: 13 Jul 2021 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77392

Actions (login required)

View Item View Item