KINERJA KOLOM ADSORPSI KONFIGURASI SERI DENGAN ADSORBEN BATU APUNG UNTUK PENYISIHAN LOGAM ARSEN (As) DAN NIKEL (Ni) DARI AIR TANAH ARTIFISIAL

Windi, Triana Putri (2021) KINERJA KOLOM ADSORPSI KONFIGURASI SERI DENGAN ADSORBEN BATU APUNG UNTUK PENYISIHAN LOGAM ARSEN (As) DAN NIKEL (Ni) DARI AIR TANAH ARTIFISIAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak aplot-dikonversi.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I aplot-dikonversi.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V aplot-dikonversi.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA aplot-dikonversi.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Upload Scholar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji kemampuan adsorben batu apung Sungai Pasak Pariaman dalam menyisihkan adsorbat berupa logam arsen (As) dan nikel (Ni) dari air tanah artifisial yang mengandung beberapa logam berat menggunakan kolom adsorpsi yang disusun secara seri. Kolom adsorpsi yang digunakan berupa kolom akrilik dengan tinggi kolom 14,5 cm dan diameter 7 cm dengan adsorben batu apung yang digunakan berdiameter 1-3 mm dan tinggi bed 12,5 cm. Penelitian yang dilakukan menggunakan variasi jumlah kolom yaitu 1,2, dan 3 buah kolom serta variasi kecepatan alir influen sebesar 3 gpm dan 5 gpm. Berdasarkan variasi penggunaan jumlah kolom didapatkan efisiensi penyisihan terbesar pada penggunaan 3 buah kolom dengan kecepatan alir 3 gpm yaitu 42,61% dengan kapasitas adsorpsi 0,114 mg/g untuk logam As dan 69,74% dengan kapasitas adsorpsi 0,041 mg/g untuk logam Ni. Dari uji statistik Anova didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan jumlah kolom serta kecepatan alir influen terhadap efisiensi penyisihan dan kapasitas adsorpsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan 3 kolom majemuk konfigurasi seri mampu menyisihkan logam As dan Ni lebih tinggi dan berpotensi menjadi alternatif untuk penyisihan logam pada pengolahan air tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Shinta Indah
Uncontrolled Keywords: Air tanah, arsen, batu apung, kolom adsorpsi seri, nikel
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 13 Jul 2021 06:39
Last Modified: 13 Jul 2021 06:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77391

Actions (login required)

View Item View Item