Interaksi Sosial antara Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Simpul Padang dengan Penderita Skizofrenia dan Keluarga

Anisa, Salsabil (2021) Interaksi Sosial antara Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Simpul Padang dengan Penderita Skizofrenia dan Keluarga. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skizofrenia merupakan salah satu penyakit gangguan kejiwaan yang sering disalah artikan oleh masyarakat. Tidak jarang penderitanya serta keluarganya dipandang buruk karena dianggap mengganggu dan tidak dapat disembuhkan. Selain itu, minimnya pengetahuan yang diberikan oleh psikiatri juga menyebabkan keluarga atau caregiver sering salah dalam merawat Orang Dengan Skizofrenia (ODS). Adanya hal tersebut, kini sudah merebaknya komunitas-komunitas yang peduli akan kesehatan mental yang tersebar di Indonesia sebagai kelompok pendukung alternatif guna membantu ODS dan keluarga melawan stigma tersebut dan juga membantu pemulihan dibidang sosial, salah satunya adalah Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Simpul Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apa itu KPSI Simpul Padang dan bagaimana interaksi sosial yang dilakukan oleh KPSI Simpul Padang dengan ODS dan caregiver. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Untuk penentuan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dimana informan dibagi atas informan kunci dan informan biasa. Informan kunci terdiri dari Ketua KPSI Simpul Padang dan ODS serta keluarga aktif yang tergabung di komunitas, sedangkan informan biasa terdiri dari ODS serta keluarga pasif yang tergabung di komunitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa KPSI Simpul Padang merupakan bagian dari KPSI Pusat yang berada di Jakarta. KPSI Simpul Padang hadir adanya rasa simpati oleh seorang dosen psikologi terhadap ODS dan keluarga di Kota Padang. KPSI Simpul Padang memiliki peran sebagai pemberi bantuan, sedangkan ODS dan keluarga berperan sebagai yang membutuhkan bantuan pada akhirnya menimbulkan suatu interaksi sosial, dimana interaksi sosial tersebut terwujud dalam bentuk kerjasama dan akomodasi. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari faktor-faktor yang membentuk interaksi tersebut dari penanaman nilai dan norma yang terdapat di KPSI Simpul Padang. Adanya interaksi tersebut membuat KPSI Simpul Padang cukup berhasil dalam menjalankan perannya untuk membantu ODS serta keluarga dalam proses pemulihan secara sosial, serta mengurangi stigma yang tertanam di pikiran ODS dan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi
Uncontrolled Keywords: Komunitas, Skizofrenia, ODS, Caregiver, Interaksi Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:18
Last Modified: 14 Jul 2021 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77365

Actions (login required)

View Item View Item