PERBEDAAN UKURAN CANGKANG DAN JENIS KELAMIN KEONG MAS (Pomacea canaliculata Lamarck) TERHADAP KEMAMPUAN MERUSAKNYA PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa Linnaeus)

Widia, Saputri (2021) PERBEDAAN UKURAN CANGKANG DAN JENIS KELAMIN KEONG MAS (Pomacea canaliculata Lamarck) TERHADAP KEMAMPUAN MERUSAKNYA PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa Linnaeus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Kesimpulan dan Saran))
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keong mas merupakan hama utama tanaman padi yang tingkat serangannya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu ukuran cangkang dan jenis kelamin keong mas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran cangkang dan jenis kelamin keong mas yang menyebabkan kerusakan paling tinggi pada tanaman padi. Penelitian ini dilaksanakan di lahan petani, Kabupaten Pasaman pada bulan Juli hingga Oktober 2020. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 8 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya yaitu keong mas dengan ukuran cangkang <1 cm, 1 cm, 2 cm, 3 cm (jantan), 3 cm (betina), >3 cm (jantan) dan >3 cm (betina). Parameter yang diamati adalah persentase rumpun terserang, persentase anakan terserang, jumlah anakan, jumlah gulma yang tumbuh serta produksi tanaman padi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keong mas yang menyebabkan kerusakan tertinggi adalah keong mas betina dengan ukuran cangkang 3 cm dan >3 cm yang menyebabkan persentase rumpun dan anakan terserang 100%. Semakin tinggi persentase rumpun dan anakan terserang maka pembentukan anakan semakin terhambat pula sehingga produksi padi menjadi rendah. Keong mas sebanyak 2 ekor dalam 1 m² dengan ukuran cangkang 3 cm atau >3 cm dapat menyebabkan gagal panen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Rusdi Rusli, MS.
Uncontrolled Keywords: ukuran cangkang, jenis kelamin, keong mas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:03
Last Modified: 13 Jul 2021 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77352

Actions (login required)

View Item View Item