Implementasi Program Nagari Swa-JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Engdila, Putri (2021) Implementasi Program Nagari Swa-JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI penutup.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Engdila Putri 1710842021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Program Nagari Swa-JKN di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditetapkannya Nagari Taram sebagai Pelopor Program Swa-JKN di Sumatera Barat. Pelaksanaan program Nagari Swa-JKN di Nagari Taram bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Nagari Taram. Program Nagari Swa-JKN merupakan salah satu aspek penunjang utama yang menjadikan Nagari Taram sebagai Nagari terbaik Regional Nasional pada tahun 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teriangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teori Van Meter dan Van Horn yang terdiri dari enam variabel yaitu Standar dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, komunikasi antar organisasi, sikap atau kecenderungan para pelaksana, dan kondisi sosial, ekonomi dan politik. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa implementasi Program Nagari Swa-JKN di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota secara umum belum berjalan dengan baik dan belum bisa dilaksanakan secara maksimal karena masih terdapatknya beberapa kendala yang terjadi dalam pelaksanaan program. Dalam pelaksanaan program peningkatan jumlah peserta tidak terlalu signifikan. Tidak adanya sumber daya finansial dan sarana prasarana penunjang program serta pengaruh lingkungan sosial, ekonomi dan politik yang berdampak pada pelaksanaan program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Wewen Kusumi Rahayu, S.AP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program, Nagari Swa-JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 12 Jul 2021 02:40
Last Modified: 12 Jul 2021 02:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77286

Actions (login required)

View Item View Item