PERBANDINGAN KANDUNGAN HARA TANAMAN KELAPA SAWIT PADA BERBAGAI TINGKAT KELERENGAN LAHAN (STUDI KASUS: PT. BINA PRATAMA SAKATOJAYA)

Ilham, Priduan Zulfira (2021) PERBANDINGAN KANDUNGAN HARA TANAMAN KELAPA SAWIT PADA BERBAGAI TINGKAT KELERENGAN LAHAN (STUDI KASUS: PT. BINA PRATAMA SAKATOJAYA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. ABSTRAK DAN COVER.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
perbaikan bab 1 il.pdf - Submitted Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
penutup il.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
dapus il.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Texs)
FUL SKRIPSI IL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keadaan topografi pada berbagai tingkat kelerengan lahan menjadi salah satu faktor dari status ketersediaan hara pada tanaman kelapa sawit. Pada saat tingginya intensitas curah hujan semakin curam keadaan lahan akan mengakibatkan terangkutnya partikel-partikel hara di permukaan tanah. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kandungan hara tanaman kelapa sawit sebagai acuan dalam rekomendasi pemupukan pada tahap selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kandungan hara tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) pada berbagai tingkat kelerengan lahan yang merupakan sebuah studi kasus di PT. Bina Pratama SakatoJaya. Sampel berupa daun kelapa sawit diambil pada berbagai tingkat kelerengan yaitu datar (0-8%), landai (8-15%), agak curam (15-25%), dan curam (25-40%) dengan metode Leaf Sampling Unit (LSU), yang kemudian sampel tersebut dianalisis kandungan haranya di laboratorium. Data yang dikumpulkan berupa data primer yaitu kandungan unsur hara makro dan mikro pada tanaman kelapa sawit (N, P, K, Mg, dan B) serta ditambahkan dengan data sekunder berupa data pemupukan dan data curah hujan. Data primer yang diperoleh dianalisis menggunakan rancangan acak kelompok (RAK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan kandungan hara tanaman kelapa sawit pada berbagai tingkat kelerengan lahan adalah tidak berbeda satu sama lain, hal ini diduga karena curah hujan yang terjadi mengalami intersepsi yang melekat pada tajuk vegetasi sehingga mengurangi terjadinya erosi tanah di lahan yang miring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Wulan Kumala Sari, SP. MP. Phd
Uncontrolled Keywords: curah hujan, hara makro, kesatuan contoh daun, pemupukan, topografi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 08 Jul 2021 08:59
Last Modified: 08 Jul 2021 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77196

Actions (login required)

View Item View Item