PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PENYEDIA LAYANAN PENGINAPAN AIR and BREAKFAST (AirBnB) DENGAN PEMILIK USAHA PENGINAPAN DI KOTA PADANG

Vandra Kurnia, Putra (2021) PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PENYEDIA LAYANAN PENGINAPAN AIR and BREAKFAST (AirBnB) DENGAN PEMILIK USAHA PENGINAPAN DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripri Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK AirBnB merupakan sebuah online marketplace yang unik bagi orang-orang yang ingin menyewa atau menyewakan tempat mulai dari rumah, apartemen, maupun kamar pribadi yang tersebar di berbagai dunia. Kemudian AirBnB merupakan penyedia aplikasi yang menghubungkan pelaku usaha dengan konsumen melalui sebuah aplikasi atau dapat dikatakan AirBnB merupakan pelaku usaha penghubung. Pada kenyataannya aplikasi AirBnB telah berhasil merambah ke Negara Indonesia dan sudah banyak masyarakat Indonesia yang bergabung dengan AirBnB. Adanya pemesanan penginapan melalui AirBnB tersebut menimbulkan suatu perjanjian kerjasama antara perusahaan yang berbasis teknologi dengan pemilik usaha penginapan. Pasal 1313 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata). Untuk mempermudah wisatawan memesan penginapan salah satunya di Kota Padang, biasanya wisatawan tersebut memesan penginapan melalui aplikasi online salah satunya adalah AirBnB yang telah bekerja sama dengan sejumlah penginapan di Kota Padang. Rumusan masalah yang penulis kaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan perjanjian kerjasama antara penyedia layanan Penginapan Air and Breakfast (AirBnB) dengan pemilik usaha penginapan di Kota Padang?. 2) Apakah akibat hukum wanprestasi dalam perjanjian kerjasama antara penyedia layanan penginapan Air and Breakfast (AirBnB) dengan pemilik usaha penginapan di Kota Padang? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan empiris/yuridis sosiologis yaitu merupakan metode pendekatan masalah yang dilakukan dengan mempelajari hukum positif dari suatu objek penelitian dan melihat penerapan praktiknya dilapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 1) Pelaksanaan perjanjian kerjasama antara AirBnB dengan pemilik usaha penginapan di Kota Padang merupakan gabungan antara perjanjian timbal balik yang menimbulkan kewajiban pokok dan hak dari kedua belah pihak. Perjanjian tersebut merujuk pada ketentuan Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata serta perjanjian tersebut dikategorikan sebagai perjanjian tidak bernama yang dilakukan melalui sistem elektronik dengan klausul yang telah terlebih dahulu ditetapkan oleh AirBnB. 2) Akibat hukum wanprestasi dalam perjanjian kerjasama antara penyedia layanan penginapan Air and Breakfast (AirBnB) dengan pemilik usaha penginapan di Kota Padang adalah berupa ganti kerugian serta pembatalan perjanjian yang telah disepakti sebelumnya. Selain wanprestasi, berakhirnya kontrak kerjasama antara penyedia layanan penginapan AirBnB dengan pemilik usaha penginapan juga dapat disebabkan oleh pemilik usaha penginapan mengakhiri status penginapan yang dimiliki dan Rating penginapan yang selalu menurun serta wanprestasi yang dilakukan oleh pemilik usaha penginapan Kata Kunci : Perjanjian Kerjasama, AirBnB, Usaha Penginapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Ulfanora, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Kerjasama, AirBnB, Usaha Penginapan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 08 Jul 2021 07:00
Last Modified: 08 Jul 2021 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77186

Actions (login required)

View Item View Item