HUBUNGAN EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR (VEGF) DENGAN DERAJAT DIFERENSIASI DAN INVASI LIMFOVASKULAR PADA ADENOKARSINOMA KOLOREKTAL

Nana, Liana (2021) HUBUNGAN EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR (VEGF) DENGAN DERAJAT DIFERENSIASI DAN INVASI LIMFOVASKULAR PADA ADENOKARSINOMA KOLOREKTAL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
file1.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
file2.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup))
file3.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
file4.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
TA UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Karsinoma kolorektal merupakan keganasan ketiga terbanyak dan penyebab kematian keganasan kedua terbanyak di dunia. Karsinoma kolorektal adalah tumor heterogen dengan gambaran klinikopatologik dan nilai prognostik berbeda. Pada stadium yang sama, penderita memiliki perjalanan penyakit berbeda sehingga diduga terdapat faktor prognostik lain yang mempengaruhi prognosis selain stadium TNM. Salah satu faktor tersebut adalah angiogenesis, terutama vascular endothelial growth factor (VEGF) sebagai faktor pro-angiogenik utama. Ekspresi VEGF tinggi pada adenokarsinoma kolorektal dikaitkan dengan peningkatan jumlah pembuluh darah di area invasif, proliferasi sel dan metastasis jauh. Oleh karena itu ekspresi VEGF perlu dihubungkan dengan karakteristik klinikopatologik khususnya derajat diferensiasi dan invasi limfovaskular karena dapat dipertimbangkan memiliki nilai prognostik. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 39 kasus adenocarcinoma NOS di 4 Laboratorium Patologi Anatomik di Sumatera Barat tahun 2018. Sampel diperoleh dari blok parafin yang berasal dari tindakan operasi kolektomi kemudian dilakukan reevaluasi terhadap derajat diferensiasi dan invasi limfovaskular. Ekspresi VEGF pada sel tumor dilihat dengan pewarnaan imunohistokimia. Analisis statistik bivariat menggunakan uji Fisher's Exact dengan p<0,05 dianggap bermakna. Ekspresi VEGF tinggi ditemukan pada 28 kasus (71,8%) dimana 39,3% kasus pada diferensiasi high grade sedangkan low grade lebih banyak dengan ekspresi VEGF yang rendah (100%). Adenocarcinoma NOS dengan invasi limfovaskular paling banyak ditemukan dengan ekspresi VEGF tinggi (89,3%). Analisis statistik menunjukkan hubungan bermakna antara ekspresi VEGF dengan derajat diferensiasi (p=0,017) dan invasi limfovaskular (p=0,028). Penelitian ini menyimpulkan bahwa ekspresi VEGF mempunyai hubungan yang bermakna dengan derajat diferensiasi dan invasi limfovasklar pada adenokarsinoma kolorektal. Kata kunci: adenokarsinoma kolorektal, ekspresi VEGF, derajat diferensiasi, invasi limfovaskular.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.dr. Noza Hilbertina, M.Biomed, Sp.PA
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 12 Jul 2021 06:55
Last Modified: 12 Jul 2021 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77177

Actions (login required)

View Item View Item