Hubungan Ekspresi E-Cadherin dengan Derajat Diferensiasi dan Tumor Budding pada Karsinoma Endometrium Jenis Endometrioid

Haris, Pemuda (2021) Hubungan Ekspresi E-Cadherin dengan Derajat Diferensiasi dan Tumor Budding pada Karsinoma Endometrium Jenis Endometrioid. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak-dr. Haris Pemuda.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1-dr. Haris Pemuda.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB 7-dr. Haris Pemuda.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dr. Haris Pemuda.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
Tesis dr. Haris Pemuda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Karsinoma endometrium adalah keganasan keempat tersering pada wanita di dunia dengan peningkatan angka kejadian dan kematian setiap tahunnya. Karsinoma endometrioid merupakan salah satu jenis dari karsinoma endometrium yang berasal dari hiperplasia atipikal dan selanjutnya menjadi karsinoma. Berkurangnya daya kohesif antar sel pada tumor epitelial seperti karsinoma endometrium jenis endometrioid dapat terjadi karena berkurangnya ekspresi E-cadherin. Penurunan ekspresi E-cadherin juga menyebabkan invasi dan metastasis tumor melalui proses epithelial-mesenchymal transition (EMT). Derajat histopatologik dan tumor budding diduga merupakan representasi histopatologik akibat berkurangnya daya kohesif dan terjadinya proses EMT sehingga kedua hal ini perlu dihubungkan dengan ekspresi E-cadherin pada sel-sel tumor. Penelitian analitik observasional melalui pendekatan cross sectional dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 46 kasus karsinoma endometrium jenis endometrioid. Sampel diperoleh dari 4 Laboratorium Patologi Anatomik di Sumatera Barat selama periode tahun 2016-2019 berupa blok parafin dan slaid yang dibuat dari jaringan hasil tindakan histerektomi. Reevaluasi dilakukan terhadap derajat diferensiasi dan tumor budding. Ekspresi E-cadherin pada sel tumor dilihat dengan pewarnaan imunohistokimia. Analisis statistik bivariat dilakukan dengan uji Chi square dan hasil dianggap bermakna jika nilai p<0,05. Sampel dengan ekspresi E-cadherin negatif lebih banyak ditemukan pada tumor derajat 2 (41,7%) dan tumor derajat 3 (50,0%) serta pada sampel dengan gambaran tumor budding positif (91,7%). Analisis statistik menunjukkan hubungan bermakna antara ekspresi E-cadherin dengan derajat diferensiasi (p=0,000) dan tumor budding (p=0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekspresi E-cadherin mempunyai hubungan yang bermakna dengan derajat diferensiasi dan tumor budding pada karsinoma endometrium jenis endometrioid. Kata kunci: karsinoma endometrium jenis endometrioid, ekspresi E-cadherin, derajat diferensiasi, tumor budding.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. ASWIYANTI ASRI, Msi.Med, Sp.PA(K)
Uncontrolled Keywords: karsinoma endometrium jenis endometrioid, ekspresi E-cadherin, derajat diferensiasi, tumor budding.
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 12 Jul 2021 06:56
Last Modified: 12 Jul 2021 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77166

Actions (login required)

View Item View Item