KAJIAN WAKTU DEGRADASI THERMAL TERHADAP PEMBENTUKAN BETA IONONE DAN DHYROACTINIOLIDE DARI EKSTRAK FRAKSI NON POLAR WORTEL (Daucus carota)

Dosmawarni, Indah Gultom (2021) KAJIAN WAKTU DEGRADASI THERMAL TERHADAP PEMBENTUKAN BETA IONONE DAN DHYROACTINIOLIDE DARI EKSTRAK FRAKSI NON POLAR WORTEL (Daucus carota). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V. Kesimpulan dan Saran)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI-Dosmawarni Indah Gultom-1711122009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

telah menjadi salah fokus pengembangan industri parfum dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingan waktu degradasi ekstrak kasar karoten wortel untuk pembentukan beta-ionone dan Dhyroactinidiolide (dhA). Degradasinya dilaksanakan menggunakan rancimat pada suhu 140oC selama 1 jam, 2 jam, 3 jam dan 4 jam. Analisis yang dilakukan meliputi analisis kadar air pada wortel segar dan bubuk wortel, warna dan total karoten serta analisis zat volatile dengan GC-MS pada ekstrak yang didegradasi. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin lama degradasi maka pembntukan senyawa beta-ionone dan Dhyroactinidiolide (dhA) semakin banyak. Sebelum pemanasan, total karoten yang ada pada sampel sebesar 9,61μg/mg dan setelah 4 jam jumlah karoten berkurang signifikan sebesar 1,3 μg/mg yang dianalisis menggunkan spektrofotometri UV-Vis. Selanjutnya analisis dilanjutkan dengan melakukan pengujian GC-MS. Hasilnya, senyawa beta-ionone dan Dhyroactinidiolide (dhA) terdeteksi. beta-ionone terdeteksi pada waktu retensi 14,05 menit dan Dhyroactinidiolide (dhA) terdeteksi pada waktu retensi 14,8 menit. Setelah degradasi dilakukan, jumlah senyawa-senyawa ini meningkat seiring dengan peningkatan waktu degradasi. Kata Kunci : Wortel, Karoten, Beta-ionone dan Dhyroactinidiolide (dhA) , Degradasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Daimon Syukri, S.Si, M.Si, PhD
Uncontrolled Keywords: Wortel, Karoten, beta-ionone dan Dhyroactinidiolide (dhA) , Degradasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 05 Jul 2021 08:36
Last Modified: 05 Jul 2021 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77066

Actions (login required)

View Item View Item