MOTIF KEKERASAN TERHADAP ANAK OLEH AYAH KANDUNG (Studi Terhadap Pelaku Pidana Tindak Kekerasan Terhadap Anak di Lapas Kelas II A Muaro Padang)

Utama, Muhammad Iqbal (2021) MOTIF KEKERASAN TERHADAP ANAK OLEH AYAH KANDUNG (Studi Terhadap Pelaku Pidana Tindak Kekerasan Terhadap Anak di Lapas Kelas II A Muaro Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Muhammad Iqbal Utama 1710813004.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

MUHAMMAD IQBAL UTAMA, 1710813004. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi : Motif Kekerasan Terhadap Anak Oleh Orang Tua Terpidana Kasus Perlindungan Anak (Studi Kasus Terhadap Pelaku Terpidana Kasus Perlindungan Anak di Lapas II A Muaro Padang). Pembimbing Dra. Dwiyanti Hanandini, M.Si Skripsi ini membahas tentang motif dari tindak kekerasan terhadap anak oleh orang tua terpidana kasus perlindungan anak yang berada di Lapas Kelas II A Muaro Padang. Kekerasan merupakan suatu tindak kriminal atau kejahatan dimana tindakan ini dapat merugikan seseorang baik secara fisik maupun mental. Kekerasan dapat terjadi dimana saja dan dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali seorang anak. Siapa saja bisa melakukan kekerasan dalam hal ini sangat disayangkan orang tua juga menjadi aktor dalam melakukan tindak kekerasan terhadap anak di dalam rumah tangga. Pada penelitian ini akan menggambarkan motif dari pelaku yakninya orang tua yang terpidana kasus perlindungan anak yang berada di Lapas II A Muaro Padang. Terdapat 7 orang informan yakninya orang tua yang di tahan pada Lapas II A Muaro serta juga mendeskripsikan penerapamn hukuman terhadap orang tua terpidana kasus perlindungan anak tersebut. Penelitian ini menggunakan teori dari Alfred Scutz yaitu Fenomenologi dimana teori ini memperkenalkan because motive (motif sebab) dan in order to motive (motif akibat). penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. untuk mendapatkan data peneliti mewawancarai 7 orang tua terpidana kasus perlindungan anak yang berada di Lapas II A Muaro Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa because motive dari kekerasan terhadap anak oleh orang tua ini adalah 1) perbuatan anak yang dianggap salah, 2) keluarga yang tidak harmonisi, 3) ekonomi yang tidak mencukupi dalam keluarga, 4) kekerasan antar generasi. Sementara in order to motive adalah 1) membentuk kepribadian anak yang kuat, 2) mendidik sikap patuh anak, 3) memberi efek jera kepada anak. Kata Kunci: because motive, in order to motive, kekerasan , orang tua

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. DWIYANTI HANANDINI, M.Si
Uncontrolled Keywords: because motive, in order to motive, kekerasan , orang tua
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:31
Last Modified: 06 Jul 2021 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77017

Actions (login required)

View Item View Item