Produksi Butanol Sebagai Bahan Bakar Alternatif Melalui Fermentasi Bakteri Clostridia sp. Menggunakan Substrat Limbah Pertanian

Fadhillah, Siti (2021) Produksi Butanol Sebagai Bahan Bakar Alternatif Melalui Fermentasi Bakteri Clostridia sp. Menggunakan Substrat Limbah Pertanian. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan energi diseluruh bagian dunia semakin meningkat seiring perkembangan zaman. Sehingga perlu dilakukan uji coba dan pencarian alternatif bahan bakar terbarukan,saat ini mulai dikembangkan Bahan Bakar Nabati (BBN. Pengembangan biobutanol berpusat pada bahan pangan dan limbah pertanian yang banyak mengandung glukosa. Pada umumnya proses menghasilkan biobutanol adalah dengan cara hidrolisis, fermentasi dan destilasi. Fermentasi suatu proses perubahan kimia pada suatu substrat organik melalui aktivitas enzim yang dihasilkan oleh mikroorganisme. Prinsip dasar fermentasi adalah mengaktifkan aktivitas mikroba tertentu agar dapat merubah sifat bahan sehingga dihasilkan produk fermentasi yang bermanfaat seperti biobutanol. Beberapa faktor yang mempengaruhi fermentasi antara lain mikroorganisme, substrat(medium), pH(keasaman), suhu, oksigen, dan aktivitas air. Fermentasi juga dipengaruhi oleh waktu,waktu fermentasi merupakan variabel yang berkaitan dengan fase pertumbuhan mikroba selama fermentasi berlangsung sehingga mempengaruhi hasil fermentasi. Metode kerja menggunakan studi pustaka literatur dari jurnal internasional yang berkaitan dengan produksi biobutanol sebagai bahan bakar alternatif melalui fermentasi bakteri Clostridia sp.Menggunakan substrat limbah pertanian dalam 10 tahun terakhir (2010-2020). Hasil yang diperoleh adalah jenis spesies Clostridia sp.serta limbah pertanian dan pretreatment yang paling efektif dalam menghasilkan biobutanol pada fermentasi. Pada substrat yang diteliti setelah di fermentasi dengan Clostridia sp.Dihasilkan biobutanol pada setiap substrat. Biobutanol yang dihasilkan paling besar menggunakan fermentasi bakteri Clostridium beijerinckii ditemukan pada substrat pulp kayu yaitu sebesar 13.46 g/L, pretreatment yang dilakukan melalui ekstraksi alkali dilanjutkan dengan hidrolisis asam encer serta kondisi fermentasi pada suhu 37°C dengan metoda detoksifikasi adsorpsi resin serta gas stripping sebagai metoda pemisahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Akmal Djamaan, MS
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 02 Jul 2021 09:03
Last Modified: 02 Jul 2021 09:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76969

Actions (login required)

View Item View Item