STUDI LITERATUR ISOLASI CNC (CELLULOSE NANOCRYSTAL) DARI LIMBAH HASIL PERTANIAN DAN INDUSTRI MENGGUNAKAN HIDROLISIS ASAM KUAT

Zuliat, Fauzan Ahmad (2021) STUDI LITERATUR ISOLASI CNC (CELLULOSE NANOCRYSTAL) DARI LIMBAH HASIL PERTANIAN DAN INDUSTRI MENGGUNAKAN HIDROLISIS ASAM KUAT. Diploma thesis, Fakultas Farmasi Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Selulosa merupakan senyawa utama pembentuk dinding sel tanaman yang utama. Kandungan selulosa yang berlimpah ini membuat selulosa sangat berpotensi untuk dikembangkan. Selulosa marak dikembangkan kearah pembuatan kristal selulosa. Pemanfaatan kristal selulosa sudah melingkupi banyak sektor, seperti bioteknologi, komposit, adsorben, emulsi dan dispersi, serta biomedis, hingga pembuatan biomaterial lainnya. Oleh karena perlu dirangkum kembali berbagai sumber selulosa untuk pembuatan Cellulose Nanocrystall (CNC) sehingga peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan sumber ini sebagai bahan bacaan sehingga penelitian selanjutnya dapat dilakukan secara optimal dan efisien dengan melanjutkan apa yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic review dengan pencarian literatur berupa published journal, prosiding, thesis dan skripsi. Pencarian literatur dilakukan secara manual (pustaka) dan elektronik dengan bantuan search engine berupa google dan google scholar. Literatur yang digunakan berfokus pada literatur berbahasa Inggris dan Indonesia dengan tahun terbit antara tahun 2010 hingga 2020. Dari hasil yang telah dirangkum ditemukan hasil yang berbeda-beda berdasarkan sumber selulosa. Bahan yang diteliti antara lain ampas tebu, jerami padi, sekam padi, tandan kosong kelapa sawit (TKKS), jagung, serbuk kayu, nenas, kertas, dan kapas. Hasil terbaik diperoleh dari kapas dengan yield (89%) dan CrI (98%). Pada penelitian ini didapat bahwa pembuatan CNC memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memperoleh optimasi pada setiap jenis bahan dan perlakuan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Muslim Suardi, M.Si.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Q Science > QD Chemistry
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 06 Jul 2021 07:04
Last Modified: 06 Jul 2021 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76946

Actions (login required)

View Item View Item